Selain Obat, Minuman Ini Juga Bisa Redakan Naiknya Asam Lambung

0
244
Dok. klikhijau.com

Jakarta (Samudranesia) – Kalau lagi kumat, asam lambung itu jelas gak nyaman banget rasanya. Bukan cuma menyiksa, penyakit ini juga bisa-bisa menghambat aktivitas. Pastilah, karena gak ada orang yang bisa melakukan aktivitas, kalau asam lambungnya lagi meradang.

Logis, jika para penderita penyakit ini begitu mengidam-idamkan kesembuhan.  “Sembuh” tak ubahnya menjadi kata kunci yang harus ada dalam bayang-bayang mereka. Sebab itu, tak ada cara lain yang harus diambil untuk menjinakkan penyakit satu ini, kecuali ke dokter dan minum obat.

Ke dokter, lalu minum obat, memang tak bisa dipungkiri menjadi cara yang sangat umum dan standar yang paling sering dilakukan orang. Tapi, tahukah Anda bahwa cara tersebut sebenarnya bukan satu-satunya trik untuk meredakan naiknya asam lambung? Masih ada lagi cara yang justru jauh lebih sederhana, tapi hasilnya tetap bisa diandalkan. Yakni, mengonsumsi beberapa minuman berikut ini:

  • Air putih

Meminum air putih tentu menjadi cara yang paling sederhana dan tentunya aman untuk meredam gejolak penyakit asam lambung. Lebih jauh, keampuhan air putih juga diklaim mampu mengatasi GERD. Serta, bisa menurunkan asam lambung yang sudah naik ke kerongkongan. Perlu juga diketahui, zat cair ini mengandung Ph yang netral (7.0). Karenanya, potensi untuk meningkatkan Ph makanan yang diserap menjadi sangat mungkin terjadi. Sebab itu disarankan boleh konsumsi air putih tapi juga tidak berlebihan.

  • Teh herbal

Selain air putih, minum teh herbal juga sangat membantu menetralkan naiknya asam lambung Anda. Teh herbal bisa memperlancar sistem pencernaan dan meredakan rasa mual. Tapi ingat, tidak semua teh herbal boleh dikonsumsi lho. Pilih yang bebas kafein, contohnya teh chamomile dan licorice.

Teh licorice berkhasiat meningkatkan lapisan lendir di esofagus. Sehingga, terlindungi dari iritasi akibat asam lambung. Penyajiannya mudah, seduh sesendok teh herbal ke dalam secangkir air panas. Diamkan selama 5 – 10 menit.  Agar hasilnya lebih maksimal, minum 2 – 4 cangkir teh herbal sambil beristirahat. Satu lagi, penderita asam lambung sangat tidak dianjurkan mengonsumsi teh herbal jenis peppermint. Karena, bisa memicu refluks asam lambung bagi orang yang sistem pencernaannya sensitif.

  • Air kelapa

Yang juga ampuh untuk meredakan asam lambung yang naik adalah air kelapa. Air buah ini menyehatkan karena kaya akan elektrolit, seperti potasium, kalium yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan Ph dalam tubuh. Dengan begitu, produksi asam lambung pun ditengarai akan lebih terkendali. Plus, akan mengurangi risiko refluks asam lambung.

  • Susu nabati

Minum susu bagi penderita asam lambung tentu saja boleh. Tapi, pastinya tidak untuk semua jenis susu. Hanya susu dari jenis nabati saja yang boleh dikonsumsi. Beberapa contoh susu nabati yang dianjurkan adalah susu kedelai, susu almond dan susu kacang mede.

Untuk susu almond mengandung sifat basa yang dapat menetralkan cairan asam lambung dan meredakan gejalanya. Lalu, susu kedelai dianggap lebih aman, seperti dilansir Healthline.com untuk asam lambung. Karena, kandungan lemaknya lebih sedikit ketimbang susu lainnya. Sehingga, mampu mencegah naiknya asam lambung.

  • Jus

Seperti susu, jenis jus juga tidak semua dianjurkan untuk dikonsimsi. Ada beberapa jus yang justru bisa membahayakan asam lambung jika diminum, seperti:  jeruk, nanas, atau apel.

Lalu, jus buah apa saja yang boleh dikonsumsi? Yang pasti buah atau sayuran yang rendah kandungan asamnya. Contohnya, wortel, bayam, mentimun, atau lidah buaya. Selain itu, buah seperti bit, semangka, dan pir juga aman dikonsumsi.

  • Smoothie

Jenis minuman ini juga sangat baik untuk dikonsumsi. Karena mengandung lebih banyak vitamin dan mineral, serta tidak membuat asam lambung cepat kambuh. Smoothie terbuat dari buah yang tidak mengandung banyak asam, seperti pir atau semangka. Agar khasiatnya makin ampuh campurkan bayam. Ini bisa diandalkan untuk menjaga kadar asam lambung tetap normal. (Guss)