Selain Kopi, Wisata di Bajawa Juga Berkelas

0
110
Kampung Adat Bena Dok. klikmania.net

Bajawa (Samudranesia) – Nyeruput kopi Bajawa memang bikin nagih. Bagaimana tidak, semua kenikmatan kopi ada pada kopi jenis arabika yang satu ini. Tak heran, jika kopi Bajawa benar-benar menggugah selera, dan memanjakan lidah. Berkat kopinya, harus diakui Bajawa menjadi begitu fenomenal. Kopi Bajawa menjadi sangat tenar, bukan cuma di tengah masyarakat lokal, tapi juga jauh melebar ke dunia internasional.

Tapi, tahukah Anda, bahwa Bajawa tak hanya memiliki kopi berkelas dunia saja? Bajawa masih punya banyak sekali kekayaan alam yang keren dan tak kalah berkelas. Satu dari sekian banyak potensi yang cukup menjanjikan adalah objek wisata. Bajawa memang kota kecil, tapi soal sektor yang satu ini Bajawa layak disejajarkan dengan daerah lain yang memiliki objek wisata berkelas.

Bajawa punya sederet objek wisata eksotis. Dilihat dari sisi mana pun, semua objek itu sangat menawan. Salah satu faktornya, karena letak geografisnya yang berada di sebuah dataran tinggi, dataran tinggi Ngada. Dataran tinggi ini menyimpan panorama yang tidak saja indah, tapi juga sangat natural. Ditambah lagi, dukungan hawanya yang sejuk membuat Bajawa kian sempurna sebagai sebuah destinasi wisata.

Mau tahu destinasi wisata di Bajawa? Ikuti penuturan beberapa di antaranya:

1 . Air Terjun Ogi

Letaknya di Desa Faobata, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada. Hanya sekitar 7 km dari pusat kota dan bisa dilanjutkan dengan tracking sejauh 1 km. Agak terpencil, dan harus diakui tanda penunjuk jalannya terbilang sangat minim. Karena itu, bisa bertanya langsung ke masyarakat setempat. Air terjun Ogi yang punya ketinggian sekitar 30 m ini cantik banget. Lingkungan alamnya masih sangat asli, dikelilingi pohon-pohon rimbun dan udara sejuk. Cocok buat Anda yang ingin refreshing, dan mencari ketenangan.

2. Gunung Inerie

Gunung ini, selain pas banget buat wisata, juga ideal buat kegiatan pendakian. Dengan ketinggian 2.245 m Gunung Inerie bisa dijadikan ajang buat Anda yang hobi berat bertualang. Pastinya, akan sangat mengasyikkan. Akan tambah asyik lagi karena gunung ini memiliki bentuk yang cukup unik, mirip piramida. Nah, spot paling keren buat melihat gunung ini dari Aimere. Dari titik ini Anda bisa menyaksikan Gunung Inerie dengan kedua sisi yang lurus mirip piramida.

Untuk mendaki, yang paling pas dari Desa Watumeze, sekitar 30 menit dari pusat kota Bajawa. Butuh waktu 3 jam untuk mencapai puncak, dengan medan yang curam dan berpasir. Tapi, jangan khawatir, rasa lelah selama pendakian akan terbayar saat mencapai puncak. Pasalnya, dari titik ini Anda akan dapat menyaksikan pemandangan menawan, melihat kota Bajawa yang dikelilingi pegunungan dan hamparan hutan hijau. Plus, pemandangan Laut Sawu di selatan gunung.

3. Taman Laut Riung 17 Pulau

Sesuai namanya Riung 17 Pulau, ini merupakan sebuah objek wisata taman laut. Jaraknya, sekitar 75 km dan bisa dicapai dengan kendaraan mulai dari motor hingga truk penumpang, ‘oto kayu’ namanya. Kawasan taman laut ini memiliki gugusan pulau besar dan kecil yang sangat eksotis. Di antaranya, Pulau Ontoloe atau Pulau Kelelawar, yang menjadi habitat ribuan kelelawar.

Di kawasan ini terdapat pula kadal raksasa mirip komodo disebut Mbou. Mbou masih satu famili dengan komodo, tapi punya warna yang lebih menarik. Selain itu, buat Anda yang hobi snorkeling maupun diving di kawasan ini memiliki spot keren yang sangat layak untuk dijelajahi.

Masih gak puas dengan semua destinasi wisata itu? Jangan khawatir, Bajawa masih menyimpan objek wisata lainnya yang gak kalah keren. So, pastinya Anda masih bisa menyambangi sejumlah destinasi wisata di kawasan ini. Salah satunya, Kampung Adat Bena, sebuah perkampungan dari zaman megalitikum, letaknya di Desa Tiwuriwu. Di sini, selain nuansa wisata, Anda juga akan mendapatkan wawasan pengetahuan.

Lalu, mau menikmati hangatnya pemandian air panas juga? Kunjungi saja pemandian air panas Mangeruda. Letaknya, sekitar 25 km sebelah utara Bajawa. Persisnya, di Desa Pigo, Kecamatan Soa. Dengan harga tiket yang murah-meriah, Anda sudah bisa menikmati kehangatan air yang menyehatkan di pemandian ini.