Selain Jembatan Gantungnya Menakjubkan, Situ Gunung Danaunya pun Menawan

0
73
Danau Situ Gunung Dok. paradizhop.blogspot.com

Sukabumi (Samudranesia) – Gaung Situ Gunung sebagai sebuah destinasi wisata memang tak diragukan lagi. Pasalnya, selain menjanjikan pemandangan alam yang keren dan enak dipandang, Situ Gunung juga menyimpan deretan objek wisata yang sangat eksotis. Yang paling fenomenal dan sudah sangat kondang tentunya jembatan gantungnya. Bisa jadi, jembatan ini diklaim sebagai ikon objek wisata Situ Gunung. Bayangkan saja, panjang jembatan gantung ini 250 m, lalu lebarnya 2 m dan tingginya mencapai 150 m. Tak heran, jika jembatan yang lintasannya terbuat dari kayu dan ditopang konstruksi baja berkualitas ini menempati posisi teratas sebagai jembatan gantung terpanjang, bukan cuma di Indonesia, tapi se Asia Tenggara.

Tak kalah mengasyikkan, Situ Gunung juga memiliki danau lho. Danau Situ Gunung letaknya tentu tak jauh dari posisi jembatan gantung. Karenanya objek wisata ini pun masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Jadi, jangan heran jika Danau Situ Gunung dipagari areal perbukitan. Tentu bukan cuma itu, kawasan hutan turut pula mengelilingi danau ini. Pelbagai pepohonan, di antara pinus begitu dominan menghijaukan Danau Situ Gunung dan sekitarnya.

Tak berlebihan jika Danau Situ Gunung juga menjadi destinasi wisata eksotis di kawasan ini. Bagaimana tidak, panorama di sekitarnya benar-benar menawan. Tak ubahnya lukisan hidup nan asri dan tentunya sangat alami. Masuk akal, jika ke manapun mata ini diarahkan selalu saja keindahan yang meneduhkan yang didapat. Lalu udaranya? Jangan ditanya. Pastinya sangat sejuk dan menyegarkan. Benar-benar memanjakan kulit. Terkait ini, tentu sangat mungkin, karena secara geografis, Danau Situ Gunung terletak pada ketinggian 850 mdpl. Jadi, aktivitas apapun yang dilakukan tak akan pernah lepas dari hembusan udaranya yang sangat sejuk.  

Bagaimana dengan danaunya? Yang pasti menyenangkan. Sangat ideal sebagai sebuah tempat wisata. Aktivitas wisata apapun yang dilakukan di sini jelas mengasyikkan. Bayangkan, panorama eksotis dengan udara yang menyegarkan akan selalu menjadi teman di saat-saat bersantai misalnya. Begitu pula ketika mengelilingi danau dengan perahu ataupun sampan khas Situ Gunung yang unik, semua seolah menyatu, dan sangat memanjakan.

Bisa jadi siapapun akan sangat terbuai dengan kecantikan Danau Situ Gunung. Terhipnotis oleh suguhan alam nan cantik dan begitu alami. Apalagi dengan air danaunya yang sangat bening, bukan mustahil, jika akan membuat siapapun betah berlama-lama di danau yang luasnya sekitar 5 hektare dan lupa pulang. Untuk itu, gampang. Di kawasan Danau Situ Gunung lengkap fasilitasnya. Bukan cuma tempat penginapan biasa, hotel pun tersedia. Begitu pula rumah makan, dari sekelas warung-warung makan biasa hingga restoran berkelas pun ada. So, tunggu apalagi, kunjungi segera danau yang sangat sensasional ini! (Guss)