Reinkarnasi Film “Ratu Ilmu Hitam” yang Lebih Menyeramkan

0
91
Dok. tribunnews.com

Jakarta (Samudranesia) – Masih ingat film “Ratu Ilmu Hitam”? Film horor yang pernah merajai perfilman Tanah Air pada 1981, dan dibintangi oleh Ratu Film Horor masa itu, Suzzana. Sekaligus menjadi film horor terbaik Indonesia. Karena keberhasilannya itu,  tak tanggung-tanggung film tersebut berhasil menyabet sejumlah nominasi dalam FFI 1982. Seperti, menjadi salah satu film horor terbaik, kategori Aktris Terbaik dan lain-lain.

Capaian ini tentu tak lepas dari para sineas yang terlibat dalam menuangkan segala skill-nya dalam film tersebut. Salah satunya adalah dari sisi cerita. Sebagai film bergenre horor tak bisa disangkal lagi, bahwa film Ratu Ilmu Hitam pastinya sangat menyeramkan. Bisa jadi lebih seram dari semua cerita horor ketika itu. Logis, jika kemudian film ini diganjar sejumlah nominasi penghargaan dari FFI 1982.

Lantas, bagaimana dengan film “Ratu Ilmu Hitam” produksi 2019 ini? Selintas, film ini boleh dibilang merupakan reinkarnasi “Ratu Ilmu Hitam” versi yang lama. Tapi, soal cerita tak berlebihan jika film versi terbaru ini jauh lebih menyeramkan. Hanya esensinya saja yang diambil dari film versi lama, yakni rasa ngeri luar biasa karena ilmu-ilmu hitam dan dendam.  Di film produksi Rapi Film berkerja sama dengan Sky Media ini seolah tak memberi kesempatan para penonton untuk bernafas lega, sekadar melepaskan diri dari rententan jalan cerita yang sangat menegangkan. Bayangkan, dari waktu ke waktu penonton disuguhi adegan demi adegan yang membuat bulu kuduk merinding. Dan, suasana menakutkan itu akan terus membayangi mereka hingga cerita berakhir.  

Film Ratu Ilmu Hitam besutan Sutradara Kimo Stamboel yang skenarionya ditulis Joko Anwar ini menceritakan tentang Hanif (Ario Bayu) yang mengajak istrinya Nadya (Hannah Al Rashid), plus ketiga anaknya: Dina (Zara JKT 48), Sandi (Ari Irham), dan Haki (Muzakki Ramadhan) mengunjungi panti asuhan,tempat Hanif dibesarkan.  Di sana dia bersama dua teman lamanya semasa di panti asuhan, Anton (Tanta Ginting) beserta istri, Eva (Imelda Therinne) serta Jefri (Miller Khan) dan istrinya Lina (Salvita DeCorte).

Tujuannya menjenguk Pak Bandi (Yayu Unru), pengasuh panti yang sudah sangat tua dan sakit keras. Untuk memberikan penghormatan terakhir pada Pak Bandi, mereka bermalam di situ. Namun sayang malam yang diharapkan akan menghadirkan suasana ceria, ternyata berubah menjadi sangat mengerikan. Satu per satu dari mereka mengalami teror yang luar biasa menakutkan. Dan, teror tersebut bagai tak ada hentinya, setiap saat menjadi momok yang sangat menegangkan. Intinya, ada seseorang yang menghendaki mereka mati lewat ilmu hitamnya. Lantas, bagaimana jalan cerita sesungguhnya? Dan, apa yang menyebabkan keluarga Hanif dan kedua temannya itu menjadi sasaran teror? Penasaran, tonton saja langsung keseruan film “Ratu Ilmu HItam”.(Guss)