Rajin Makan Salmon, Mampu Kurangi Depresi

0
44
Ikan Salmon (congerdesign via pixabay)

Jakarta (Samudranesia)- Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang tergolong dalam 4 sehat 5 sempurna, selain mempunyai kandungan vitamin yang berlimpah ikan mempunyai tekstur daging yang lembut serta rasa yang nikmat. Salah satu ikan yg banyak di gemari dan memiliki banyak manfaat adalah ikan salmon, walaupun harganya yg cukup mahal, namun ikan salmon banyak penikmatnya karena kandungan vitamin yang berlimpah.

Salmon dapat diolah dengan beragam cara, mulai dipanggang, digoreng bahkan dapat disajikan mentah-mentah dengan dijadikan sushi.

Kandungan vitamin yang terdapat di ikan salmon antara lain kalium, selenium, dan vitamin B12. Kandungan lain yang terdapat di dalam ikan salmon adalah asam lemak omega-3. Zat ini merupakan asam lemak esensial alami dalam salmon, yaitu dalam bentuk asam EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexanoic acid).

Kandungan lemak omega-3 yang terdapat di ikan salmon, dapat membantu mengatasi masalah depresi yang kita alami jika obat antidepresan yang diberikan oleh dokter di santap bersamaan dengan ikan salmon, hal ini diyakini berguna untuk membantu mengatasi depresi.

Selain itu di dalam salmon juga ditemukan kandungan triptofan yang merupakan pendahulu dari seratonin, zat penenang dan pemberi rasa nyaman yang dapat membantu mengelola depresi. 

Tak hanya itu, Salmon ini juga sumber vitamin D yang baik, sehingga mengonsumsinya juga dapat membantu memperbaiki suasana hati dan melindungi terhadap degenerasi makula.