Proyek Bendungan Bener di Sungai Bogowonto harus ‘On The Track’

0
93
Pengerjaan Proyek Bendungan Bener. Foto: Humas Kemenko Marves

Purworejo (Samudranesia) – Guna memastikan progress pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Bener, Purworejo, Jawa Tengah berjalan on the track, Tim dari Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) yang dipimpin oleh Asisten Deputi Infrastruktur Dasar, Perkotaan, dan Sumber Daya Air, Deputi Infrastruktur dan Transportasi Rahman Hidayat, melaksanakan peninjauan langsung ke lokasi mega proyek tersebut, pada Rabu 14 Oktober 2020.

“Untuk diketahui Bendungan Bener ini kan salah satu proyek strategis nasional. Jadi kita ingin memastikan langsung, apakah ada hambatan atau lancar-lancar saja, jadi kita bisa tahu persis dan bersama-sama mencarikan solusinya apabila ada hambatan,” ujarnya dalam keterangannya yang diterima redaksi, Jumat (16/10/2020).

Realisasi pembangunan Bendungan Bener sudah mencapai 3,4 persen. Pembangunan fisik infrastruktur strategis di Sungai Bogowonto itu masih on the track dan ditargetkan selesai pada tahun 2023. Walaupun, sejak dimulai pembangunannya pada akhir tahun 2018, pembangunan salah satu PSN itu memang sempat terkendala beberapa permasalahan terutama terkait ganti rugi lahan.

“Setiap proyek besar pasti ada permasalahan seperti itu, harus kita selesaikan, kalau lahannya belum beres kan tidak ada yang bisa dikerjakan, tapi harapannya kita bisa bekerja secara paralel karena di proyek strategis nasional itu ada diskresi yang harusnya berjalan,” jelasnya.

Ditegaskan oleh Asdep Rahman, ada dua hal yang sejatinya wajib mendapat perhatian semua pihak terkait, yakni agar para personel di lapangan dapat fokus dalam pekerjaan dan yang kedua adalah tidak tersangkut permasalahan hukum di kemudian hari.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSO) Dwi Purwantoro menyatakan, pembangunan dapat selesai sesuai target, terlebih karena pekerjaan konstruksi bendungan dapat dilaksanakan pada segala cuaca.

“Konstruksi inti Bendungan Bener Purworejo berbeda dengan waduk lainnya yang menggunakan campuran pasir, tanah, batu kemudian dipadatkan. Progres pembangunan baru akan terlihat ketika bangunan inti bendungan mulai dikerjakan. Saat ini, kontraktor masih mengerjakan akses jalan masuk dan persiapan spillway di sisi kiri dan kanan bendungan setinggi 169 meter,” pungkasnya. (Tyo)