Pasar Ikan Terintegrasi Muara Baru Miliki Target Khusus

0
58
Foto : liquidkermit

Jakarta (Samudranesia) – Guna memajukan sentra perikanan nasional, Kementerian Kelautan dan Perikanan melakukan pembnagunan serta penambahan fasilitas di Pasar Ikan Terintegrasi (PIT), Muara Baru, Jakarta.

“Kapal ikan yang dibongkar dapat langsung dilakukan pelelangan oleh pemilik kapal dengan memanfaatkan fasilitas di PIT. Pemilik kapal harus hadir dan melihat langsung proses pelelangan hasil tangkapan,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, di sela kunjungannya ke PIT, Kamis (10/10/19).

Selain itu, Susi juga meresmikan gudang pendingin (cold storage) yang memiliki kapasitas 1000 ton. Cold storage ini dibangun di atas lahan seluas 8.885 meter persegi dengan luas bangunan 5.619 meter persegi yang terdiri dari 2 lantai dan 1 mezanin.

“Dengan adanya cold storage ini pengusaha bisa sewa, nelayan bisa sewa, agar ikan bisa lebih tahan lama untuk ditampung. Agar masyarakat yang tidak punya (gudang penyimpanan), UMKM, bisa akses untuk disewa,” ujar Susi.

Cold storage Muara Baru dibangun menggunakan APBN tahun 2018-2019 sebesar Rp 43 miliar. Cold storage 1.000 ton Muara Baru ini dapat berfungsi sebagai buffer stock untuk menampung ikan yang berasal dari sentra-sentra produksi sehingga pada saat musim ikan, tidak ada lagi ikan yang terbuang dan harga tidak jatuh.

Sementara itu, Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) juga terus berupaya menghadirkan fasilitas perikanan di kawasan Pelabuhan Perikanan Muara Baru, Jakarta Utara. Selain Pasar Ikan Modern (PIM), Perum Perindo juga mengelola PIT sebagai optimalisasi pengembangan perikanan di Muara Baru.

PIT berfungsi sebagai tempat pelelangan ikan, tempat perdagangan retail perikanan untuk fasilitas para pemilik kapal maupun pelaku usaha di Muara Baru.

Plt Direktur Utama Perum Perindo Farida Mokodompit mengatakan akan mengajak seluruh para pelaku usaha untuk turut berperan memajukan perikanan di Indonesia dan Melalui PIT ini kami dapat mewujudkan area Pelabuhan Perikanan Muara Baru sebagai sentral Perikanan di Jakarta.

Farida menambahkan Pasar Ikan Terintegrasi beroperasi sejak pagi mulai 09.00-18.00 WIB dan  Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru operasional di malam hari 18.00-dini hari. Dengan begitu, potensi pendapatan terkait perdagangan ikan dapat dimaksimalkan, kolaborasi dengan para pelaku usaha perikanan.

PIT dibangun sejak tahun 2016, terdapat 2 ruang hall dengan luas kurang lebih 600m2 yang sebelumnya tidak dimanfaatkan dengan baik, PIT diharapkan jadi barometer pasar ikan di area Muara Baru karena selain ada proses pelelangan ikan dan perdagangan retail tadi, di PIT juga terintegrasi dengan cold storage milik Perum Perindo. (Tyo)