Pemanen Listrik dari Gelombang Laut

0
248

Zamrisyaf memang hanya lulusan SMK, namun ia mampu menciptakan pembangkit listrik gelombang laut yang bermanfaat bagi masyarakat.

Pria yang akrab disapa Zam ini mengaku menemukan ide untuk menghasilkan listrik dari gelombang laut di tahun 1999. Saat itu ia sedang berada di atas sebuah boat menuju Mentawai. “Guncangan kapal akibat gelombang di tengah laut saya pikir bisa menghasilkan energi jika disalurkan,” katanya.

Dalam sebuah perjalanan laut menuju Jakarta, Zam melihat sebuah lonceng besar yang ternyata digunakan untuk mengukur besaran gelombang laut. Dari lonceng tersebut ia lalu mulai merangkai idenya.

Pria asal Desa SItalang, Kabupaten Agam, ini lalu mulai melakukan beragam percobaan sejak 2002 hingga 2004. walau menghabiskan uang ratusan juta rupian, Zam mampu menciptakan pembangkit listrik dari energi laut. Alatnya ia wujudkan dalam bentuk perahu ponton dengan panjang 4,8 meter, lebar 3 m, dan tinggi 3 m. Perahu ini berbentuk segitiga terbalik dengan bobot mencapai 13 ton.

Perahu tersebut dilengkapi dengan bandul yang terpasang secara horisontal di atas ponton. Saat perahu terhantam ombak maka bandul akan terayun. Nah, putaran bandul inilah yang bisa menghasilkan energi listrik sebesar 20 ribu watt. “Jika ada 100 unit ponton maka daya yang dihasilkan bisa mencapai 20 Megawatt,” kata Zam.

Foto: Dok. Viva.co.id