Pegadaian Kanwil VIII Hadir Membawa Gairah UMKM di Tengah Pandemi

0
1024
PT. Pegadaian Kanwil VIII langsung dirasakan oleh UMKM.

Jakarta (Samudranesia) – Pandemi virus corona (Covid-19) yang melanda Indonesia sampai saat ini belum juga berakhir. Hal tersebut membuat PT. Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah (Kanwil) VIII peduli terhadap masyarakat yang terdampak khususnya di wilayah Jakarta Pusat.

“Kami PT. Pegadaian Kanwil VIII Jakarta 1 yang dipimpin oleh Bapak Edi Sarwono sangat peduli dengan keadaan saat ini. salah satu aksi nyata yang sudah kami lakukan adalah membuat tempat cuci tangan gratis untuk warga Jakarta, salah satu tempatnya ada di Paseban dan Apron Kemayoran Jakarta Pusat,” kata Sales Head CP Salemba Agung kepada media di Jakarta, Jum’at (18/9/2020).

Selain membuat tempat cuci tangan gratis, Pegadaian Kanwil VIII tersebut juga turut mensosialisasikan 3 M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Hal itu merupakan dukungan Pegadaian Kanwil VIII terhadap Pemerintah Pusat maupun DKI Jakarta agar bersama-sama memerangi virus asal negara China tersebut.

Sinergisitas dengan UMKM

Di sisi lain, Relationship Officer M. Novry mengatakan, di tengah pandemi corona saat ini Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus tetap bergerak dan tumbuh. Salah satu cara jitu agar UMKM tetap bergerak dan tumbuh yaitu melakukan sinergisitas dengan Pegadaian Kanwil VIII.

“UMKM kita harus tetap berjalan roda perekonomiannya, kami ditemani oleh salah satu Staff Anggota DPR RI Habiburokhman saudara M. Azhari dan Tokoh Pemuda Kecamatan Matraman Bapak Ery Vinanto serta Tim Penjualan CP Salemba sudah melakukan sosialisasi terkait sinergisitas ini terhadap UMKM-UMKM yang ada di wilayah Matraman,” jelas M. Novry.

“Responsnya positif dan ke depannya kami akan melakukan pembinaan UMKM dengan cara memberikan permodalan dalam mengembangkan usaha dengan menggunakan fitur layanan Produk Kreasi Ultra Mikro. Layanan tersebut khusus diperuntukan bagi pelaku usaha mikro sebagai pinjaman modal untuk mengembangkan usaha,” tambahnya.

Selain layanan Produk Kreasi Ultra Mikro, Pegadaian Kanwil VIII melalui CP Salemba juga akan membina pelaku UMKM untuk diikutsertakan atau dijadikan agen Pegadaian sebagai bentuk jalinan kerjasama dengan Pegadaian secara continue di sisi lain memberi benefit untuk peserta agen untuk mendapatkan pemasukan lain berupa fee dari agen tersebut.

Lebih jauh, Agung menambahkan, semoga dengan hadirnya Pegadaian Kawnil VIII di tengah-tengah pandemi virus corona semakin memberikan manfaat lebih luas kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya di Jakarta.

UMKM memang saat ini menjadi perhatian pemerintah dan BUMN dalam memulihkan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19. UMKM pun diyakini akan menjadi tulang punggung perekonomian bangsa seperti halnya krisis ekonomi tahun 1998.

Berbagai program telah dilakukan oleh pemerintah sebagai bentuk kehadiran negara dalam menyelamatkan UMKM. Kondisi UMKM yang sangat terdampak dari penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) memerlukan fokus perhatian dari negara.

Akibat pandemi Covid-19, kondisi UMKM seperti hidup segan, mati tak mau. Oleh karena itu, dedikasi Pegadaian Kanwil VIII sangat dirasakan untuk menggairahkan kembali para pelaku UMKM. (Tyo)