OYIKA Siapkan “SPBU” untuk Sepeda Motor Listrik di Indonesia

0
181
Swap Stations Sepeda Motor Listrik dari OYIKA

Jakarta (Samudranesia)-Anda pengguna sepeda motor listrik? Selalu cemas dan kerepotan dengan baterei yang tiba-tiba habis saat di jalan? OYIKA, sebuah perusahaan asal Singapura memberikan solusinya.

Perusahaan yang sejak tahun 2018 menerapkan konsep berbagi baterai untuk sepeda motor listrik tersebut kini hadir di Indonesia. OYIKA menawarkan layanan yang memperbolehkan pengendara sepeda motor listrik untuk menukar baterainya yang hampir habis dengan baterai yang terisi penuh di stasiun pertukaran (swap stations).

Konsepnya mirip dengan stasiun pengisian bahan bakar atau SPBU untuk kendaraan dengan bahan bakar bensin. Dengan Swap Stations yang disediakan OYIKA, pengendara sepeda motor listrik jadi lebih mudah mengisi ulang menggunakan tenaga yang sudah tersimpan dan siap dipakai. Sistem ini diklaim akan menghemat biaya.

“Kami telah melakukan uji coba sepeda motor listrik dan penggantian baterai sejak bulan Juli 2020 dan juga telah memasang beberapa stasiun pertukaran (swap stations) di toko swalayan Alfamart sejak bulan September. Ada 11 swap stations yang disebarkan di Jakarta untuk uji coba tahap awal. Kami berencana untuk memasang 1000 swap stations di Jakarta pada tahun 2021″, ujar Larry Lim, Presiden Direktur OYIKA Indonesia.

OYIKA sendiri menargetkan konsep berbagi baterai ini ke depannya tidak hanya untuk diterapkan di kota-kota besar di Indonesia, tetapi juga ke pelosok pedesaan di Indonesia.

Masyarakat pedesaan nantinya bisa memilih untuk mengoperasikan swap stations OYIKA sendiri dan OYIKA akan menetapkan biaya untuk memulai bisnis ini menjadi terjangkau. Tidak semua orang mampu memiliki pom bensin, namun siapapun bisa mendapatkan kesempatan untuk mengoperasikan swap stations melalui OYIKA.