Inilah Operasi Taifib Bebaskan Sandera

0
62
Marinir sea rider.

Lampung (Samudranesia) – Prajurit Batalion Intai Amfibi (Yon Taifib) yang tergabung dari Yontaifib1 Mar Jakarta, Yontaifib 2 Mar Surabaya dan Yontaifib 3 Mar Sorong menggelar latihan lanjutan TW IV TA di Dermaga Caligi Teluk Pandan pesawaran Lampung, Selasa (03/12/19)

Latihan yang dipimpin langsung oleh Danyon taifib 1 Mar Jakarta (Komandan Batalyon Intai Amfibi) Mayor Marinir Tantahara, S, AP.M., Tr. Beberapa rangkaian dan latihan yang diawali combat free fall (terjun tempur bebas) pada pukul 22:00 WIB yang mendarat di Desa Batu Menyan Teluk Pandan Pesawaran Lampung oleh Tim Alpa yang dipandu Tim Echo dilanjutkan patroli menuju titik kenal sasaran untuk melaksanakan pengintaian.

Selanjutnya Pkl 04:00 Tim Bravo melaksanakan rubber duck operation (RDO) (penerjunan perahu karet) dan 14 orang penerjun di tengah laut yang dipandu Tim Echo menuju sasaran, disaat gempuran Tim Bravo dari arah laut ke sasaran musuh dengan teknik gatling (menembak diatas perahu karet) menuju pertahanan musuh, Tim Alpa melumpuhkan sasaran dan dilanjutkan dengan gerakan cepat, tepat, dan taktis dalam pembebasan sandera.

Pada waktu bersamaan Tim Delta melaksanakan fast rope (turun menggunakan tali dari Helikopter) di sekitar sasaran membantu tembakan penghancuran sasaran musuh. Setelah musuh dapat dilumpuhkan dan menghentikan tembakan dengan gerakan cepat, tepat, Tim Alpha masuk ke dalam gedung dan mengeluarkan sandera kemudian diserahkan kepada tim fast rope untuk melaksanakan exfiltrasi dengan teknik stabo.

Setelah semua sandera dipastikan aman, baik dari presonil maupun material, tim melaksankan peledakan sekaligus penghancuran markas musuh, kemudian pasukan ditarik mundur menggunakan sea rider.

Kegiatan latihan lanjutan tersebut ditinjau Asisten Operasi (Asops) Korps Marinir Kolonel (Mar) Y Rudi Sulistyanto, Komandan Komando Latih (Dankolat) Korps Marinir Kolonel Suliono beserta jajaran Kolatmar, Komandan Brigade Infanteri (Danbrigif) 4 Mar/BS Kolonel Marinir. *Rei*