Obat yang Dikonsumsi Timbulkan Masalah? Laporkan via Online

0
113
Ilustrasi

Jakarta (Samudranesia) – Kasus kejadian keracunan obat yang dialami oleh dua ibu hamil di Penjaringan, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu cukup menyita perhatian masyarakat ibukota. Pasalnya obat yang dikonsumsi didapat dari Puskesmas setempat. Selain merugikan pihak pasien, kejadian tersebut juga cukup mencoreng lembaga kesehatan dan produsen obat terkait.

Bayer, sebuah perusahaan farmasi terkemuka, memberikan solusi untuk kejadian serupa dengan meluncurkan Safe Track, sebuah  platform pelaporan secara online terkait Kejadian Tidak Diinginkan (KTD) bagi publik di seluruh dunia termasuk Indonesia terkait obat-obatan Bayer. Melalui SafeTrack, masyarakat, termasuk Pasien dan Dokter,akan dengan mudah, cepat dan nyaman dapat melaporkan setiap KTD baik yang terjadi pada dirinya, keluarga maupun temannya terkait obat – obatan Bayer.

”Di Bayer, keselamatan dan kesejahteraan pasien adalah prioritas utama. Kami selalu mengutamakan pasien kami. Hal ini bukan hanya kewajiban, namun merupakan inti dari bisnis kami. Bayer berkomitmen menghasilkan obat – obatan baik dengan resep maupun non resep berkualitas tinggi,“ jelas Presiden Direktur Bayer Indonesia, Angel Michael Evangelista, Senin 5 November 2019.

Menurutnya, kehadiran Safe Track merupakan bentuk komitmen Bayer untuk meningkatkan pengalaman pasien melalui penggunaan obat –obatan hasil produksinya yang aman dan sesuai dengan kondisi pasien.Perusahaan ini mengembangkan Tim Pharmacovigilance yang bekerja memantau setiap tahapan siklus produk untuk memastikan bahwa manfaat produk Bayer lebih besar daripada risikonya.

Tim Pharmacovigilance inibekerja untuk mendeteksi pola efek samping, melakukan tindakan dan mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk melakukan analisa dan memahaminya. Setelah dilakukan evaluasi, langkah – langkah selanjutnya dikembangkan untuk mencegahatau setidaknya meminimalkan KTD di masa depan. Salah satu langkah kunci dalam memastikan deteksi dini sinyal keselamatan adalah melalui pelaporan KTD.

Selama bertahun – tahun, Bayer telah mengembangkan serangkaian alat dan platform untuk keselamatan pasien – pekerjaan saat ini sedang dilakukan untuk menerapkan solusi berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) untuk meningkatkan manajemen data keamanan obat Bayer. Tujuannya adalah meningkatkan efisiensi, membantu mengekstraksi data yang diperlukan, membuat klasifikasi yang sesuai, dan meningkatkan keselamatan pasien melalui identifikasi reaksi obat yang merugikan.

Pasien bisa menggunakan platform SafeTrack dengan mengunjungi www.safetrack-public.bayer.com.