Zat di Dalam Teripang yang Bisa Cegah Kanker

0
94
Teripang kering. Foto; Istimewa

Jakarta (Samudranesia) – Bermasalah dengan kesehatan sering membuat orang panik. Tak hanya menyangkut finansialnya saja, tetapi juga rasa sakitnya itu yang pastinya membuat siapapun tersiksa. Terlebih, jika penyakit tersebut ternyata lumayan akut, tentu akan lebih menyiksa lagi. Makanya, demi menjaga agar tubuh tetap sehat tak sedikit orang menempuh segala cara.

Resep untuk tetap sehat memang tak sedikit ditawarkan. Dari metoda yang paling simpel hingga “ribet” kerap mengemuka. Atau, dari harga yang paling murah hingga yang  bikin mata terbelalak juga banyak. Nah, parahnya lagi ternyata semua resep itu dimunculkan tanpa melalui proses penelitian. Sehingga timbul pertanyaan, efektifkah semua resep itu? Dengan kata lain,  mampukah semua resep itu menjadi solusi yang bisa menyehatkan.

Bisa jadi, muncul sikap skeptis atas kondisi itu. Jawabannya, pasti mendua, bisa iya, bisa juga tidak. Lantas, bagaimana kalau yang pasti-pasti aja? Tentu, resep dengan konten yang jelas, plus sudah melewati pelbagai penelitian. Dan, hasilnya pun tidak diragukan lagi. Apalagi, cara-cara ini sudah banyak dimanfaatkan secara luas, termasuk di Indonesia. Tertarik dengan resep ini? Coba deh konsumsi teripang.

Bukan rahasia lagi, nama teripang sudah menggaung ke mana-mana. Tak hanya di dalam negeri, teripang dikenal luas pula di mancanegara. Peminat hewan penghuni dasar laut ini terbilang berjibun dan sangat fanatik. Masuk akal, karena hewan yang dijuluki “timun laut” ini punya khasiat yang luar biasa. Tentu, khasiat yang tak hanya isapan jempol semata. Sekadar informasi, terkait khasiat ini banyak penelitian yang membuktikan dan hasilnya sangat positif.

Bukan cuma itu. Dari sisi mitos pun tak sedikit anggota masyarakat yang percaya bahwa teripang itu sangat mujarab. Salah satunya, mereka meyakini teripang sebagai obat kuat yang ampuh. Di lain pihak, secara ilmiah hewan ini pun sudah dibuktikan keampuhannya sebagai obat kuat. Jadi, memang klop. Anda tertarik mengetahui lebih jauh khasiat lain dari teripang? Ini paparannya.

1). Obat kulit. Hewan yang bentuknya mirip ulat ini mengandung protein tinggi plus kolagen. Berkat unsur-unsur ini teripang diklaim sangat ideal untuk mencegah masalah kesehatan kulit.

2) Kecantikan. Teripang juga diketahui mengandung unsur regenerasi sel yang merangsang pemulihan sel. Tak heran, teripang kerap digunakan sebagai bahan baku kosmetika kecantikan.

3) Kanker. Unsur lain yang ada di dalam hewan ini adalah zat sitotoksis. Zat ini diyakini mampu melawan sel kanker. Utamanya, kanker payudara, prostat dan kulit.

4) Gigi. Teripang juga bisa diandalkan untuk mengatasi masalah-masalah pada gigi, seperti plak gigi berkurang dan gusi jarang berdarah. Implementasinya tentu melalui pasti gigi dengan bahan dasar teripang.    

5) Jantung. Dari penelitian hewan ini juga ideal untuk mencegah tekanan darah tinggi. Satu kondisi yang secara tak langsung kerap berdampak pada kesehatan jantung.

6) Antibakteri. Manfaat lain teripang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Contoh, E-Coli yang menyebabkan diare; Salmonella typhi penyebab penyakit tipus; lalu, Staphylococcud aureus yang menyebabkan penyakit kulit.

7) Jamur. Teripang pun cukup ampuh untuk mencegah bakteri. Semisal, Candida albicans yang dapat menimbulkan penyakit kulit atau candidiasis. (Agus)