Mencari Ruang Bagi Guru di Era Milenial

0
102
Dumaria Simanjuntak, Kepala Sekolah SMA N 14 Jakarta Timur (WR/Samudranesia)

Seorang guru harus menjadi teladan, tak hanya bagi anak-anak didiknya di sekolah namun juga anak-anak kandungnya di rumah. Era milenial menjadi tantangan bagi guru dan juga orangtua untuk mengarahkan anak-anaknya agar tak terjebak dalam pergaulan negatif.

Kepada Samudranesia, Dumaria Simanjuntak, Kepala Sekolah SMA 14 Jakarta dan merupakan salah satu guru berpretasi se-wilayah DKI Jakarta bercerita bagaimana tantangan para pendidik dalam menghadapi murid milenial dan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Berikut perikannya;

Menurut Anda seperti apa perkembangan kualitas mutu pendidikan saat ini di Indonesia?
Jika dibandingkan dengan pendidikan di abad 19 maka saat ini pendidikan di Indonesia telah mengalami kemajuan yang sangat pesat di berbagai bidang. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan negara-negara di kawasan Asia, pendidikan di Indonesia masih kalah maju dari mereka. Mutu pendidikan di Indonesia sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat karena pengaruh Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK).

Pada tahun 2005 pemerintah menetapkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) Indonesia sebagai patokan mutu pendidikan sehingga setiap satuan pendidikan (sekolah) memiliki patokan mutu yang harus dicapai. Dalam hal ini satuan pendidikan disebut bermutu apabila mampu melaksanakan pendidikan sesuai dengan SNP. Namun sampai saat ini satuan pendidikan (sekolah) yang mencapai SNP masih sangat sedikit bahkan bisa dikatakan belum ada satuan pendidikan negeri yang mencapainya. Hal ini menunjukkan mutu pendidikan di Indonesia harus terus dikembangkan agar bisa mencapai SNP yang diharapkan.

Tuntutan yang harus ada di dalam Kurikulum Pendidikan Indonesia
Salah satu kebutuhan mendasar di dalam kurikulum adalah SDM (Sumber Daya Manusia) yang punya kapasitas, kapabilitas, dan integritas. Kapasitas SDM pendidikan haruslah manusia pembelajar yang konsisten sehingga selalu mampu beradaptasi dengan kondisi dan kemajuan zaman, memiliki ruang untuk mengolahnya menjadi hasil yang akan diimplementasikan dalam bidang pendidikan yang diembannya. Kapabilitas SDM pendidikan memiliki kemampuan dan keterampilanyang dinamis sehingga selalu sesuai dengan kemajuan. Juga merupakan outcome dari seorang pembelajar. Integritas SDM berarti memegang teguh komitmen dalam menjalankan aturan, jujur, dan berorientasi pada pembentukan nilai-niai moral yang utuh dalam dirinya, bidang tugasnya dan lingkungannya. Ketiga sifat ini akan menjadikan SDM pendidikan yang mampu beradaptasi disemua perkembangan dan perubahan zamanserta mutu pendidikan otomatis akan terjamin kemajuannya.

Menurut Anda, siapakah yang dimaksud generasi millennial?
Generasi milenial pada umumnya ditandai oleh peningkatan penggunaan dan keakraban dengan komunikasi, media, dan teknologi digital.Hal itulah yang membuat generasi ini menguasai teknologi karena mereka lahir dan tumbuh menjadi dewasa di saat teknologi berkembang pesat.Generasi milenial juga merupakan generasi optimis, dan berpikiran terbuka.Mereka mau menerima kritik dan saran demi kemajuan karier atau masa depannya.

Anda bisa membaca artikel lengkapnya di Majalah Samudranesia Edisi 3/2019.

Untuk berlangganan hubungi Info Langganan