Memiliki Masalah dengan Ginjal? Coba Konsumsi Biji Pepaya

0
155

Info Kesehatan (Samudranesia)- Selama ini kita hanya mengenal beberapa bagian tertentu dari buah pepaya yang bisa dikonsumsi. Seperti buahnya, daun dan bunganya. Sebuah penelitian mengungkapkan jika biji pepaya yang selama ini terbuang ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.  Salah satunya adalah zat antioksidan yang diklaim efektif untuk memerangi radikal bebas.

Antioksidan dalam biji pepaya tersebut, antara lain flavonoid dan polifenol. Keduanya diklaim mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Zat lainnya adalah asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat, termasuk di dalamnya asam oleat. Asam lemak bisa membantu menurunkan kadar trigliserida dan kadar kolesterol lipoprotein. Yang tak kalah pentingnya, biji pepaya juga kaya akan serat.

Lalu, penyajiannya? Mudah saja. Ada beberapa cara yang bisa dipilih. Selain dijadikan bumbu – bumbu steak atau salad – biji pepaya bisa dikunyah langsung atau ditumbuk. Untuk menghilangkan rasa pahit dan pedasnya bisa ditambahkan madu. Atau, cara lainnya, biji tersebut dikeringkan, setelah itu dhaluskan. Lalu, diseduh air panas dan minum seperti layaknya minum kopi. Agar rasanya lebih nikmat, tambahkan madu.

Berikut manfaat biji pepaya yang perlu diketahui, seperti dilansir Health Line:

Melawan infeksi. Berkat nutrisi yang dikandungnya biji pepaya efektif dalam membantu melawan infeksi. Mampu menghancurkan paling tidak sebanyak tiga jenis jamur. Salah satunya, patogen spesifik, penyebab infeksi jamur. Serta, dapat membunuh parasit tertentu yang ada dalam tubuh, contohnya parasit usus.

Jaga kesehatan ginjal. Salah satu organ tubuh yang sangat vital dan harus senantiasa dijaga adalah ginjal. Sedikit saja fungsi ginjal terganggu sangat mungkin akan membuat seseorang menderita. Untuk menjaga agar organ yang satu ini tetap sehat sangat dianjurkan mengonsumsi ekstrak biji pepaya. Pasalnya, dari hasil penelitian biji pepaya ini mampu mencegah segala gangguan pada ginjal.

Cegah kanker. Seperti sudah disebutkan biji pepaya kaya akan zat antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas, penyebab penyakit jantung dan kanker. Dan, dengan biji pepaya ini peradangan perkembangan kanker itu bisa dikurangi. Selain itu, ampuh pula dalam menurunkan pertumbuhan sel kanker prostat. Lalu, jenis kanker lainnya adalah kanker usus besar, payudara, paru-paru dan kanker darah.

Sehatkan pencernaan. Selain buah dan daunnya, biji pepaya juga berkhasiat menyehatkan pencernaan. Karena seperti diketahui, biji pepaya kaya akan serat yang berguna memperlancar pencernaan. Serat biji pepaya ini biasanya akan melewati saluran pencernaan yang memang tidak dicerna. Tak aneh, kalau kemudian feses akan bertambah banyak. Dampaknya, pencernaan bisa berfungsi dengan baik dan teratur. Sekaligus, akan membuat seseorang terhindar dari sembelit. Satu lagi, biji pepaya juga efektif mencegah wasir dan radang usus.