Meki Nawipa, Penerbang yang Memimpin Paniai

0
745

Bupati Kabupaten Paniai, Papua, Meki Nawipa harus menerbangkan sendiri pesawat pribadinya untuk mendistribusikan bantuan alat kesehatan dari pemerintah provinsi. “Jadi ketika itu saya membantu distribusi alkes dari Jayapura ke lima kabupaten lainnya seperti Nabire, Paniai,Dogiyai, Deiyai, dan Intan Jaya,” ceritanya kepada Samudranesia, Kamis 23 April 2020. “Semua biaya saya berikan secara gratis.”

Distribusi alkes sendiri merupakan upaya pemerintah Papua untuk mengantisipasi penyebaran pandemi Covid-19. “Upaya-upaya preventif dan antisipasi terus kita lakukan sejak tiga minggu lalu sesuai dengan arahan gubernur,” kata Bupati Meki Nawipa.

Bupati Meki Nawipai saat mendistribusikan Alkes (dok.pribadi)

Menurutnya, sejauh ini wilayah Kabupaten Paniai hanya memiliki pasien dengan status Orang Dalam Pengawasan (ODP) terkait dengan Covid-19. “Jumlahnya sangat fluktuatif dan sampai dengan Kamis 23 April 2020 pasien ODP di Paniai hanya berjumlah 14 orang,” jelasnya.

Upaya sosialisasi dilakukan dengan diiringi melakukan pembatasan  akses keluar masuk ke desa-desa terpencil tersebut. “Kami melakukan lock down dengan menghentikan sementara penerbangan dari dan menuju ke wilayah-wilayah tersebut,” tegasnya. “Upaya ini dilakukan untuk membatasi pergerakan orang.”

Untuk menjaga suplai pangan, Bupati Meki Nawipa mengaku telah menyiapkan bantuan kebutuhan pangan berupa Sembilan Bahan Pokok (Sembako) yang siap didistribusikan ke kampung-kampung dan wilayah terpencil yang terkena pemberlakuan aturan lock down.

Untuk menjaga stok kebutuhan pangan, pihak Dinas Ketahanan Pangan kabupaten juga sudah melakukan pendataan untuk mengetahui kondisi stok pangan dari perkebunan di daerah-daerah terpencil tersebut. “Hasilnya sampai dengan enam bulan ke depan stok pangan kita masih aman,” katanya.

Pihaknya terus berupaya melakukan pengawasan untuk memastikan tidak terjadi adanya penimbunan sembako maupun kenaikan sepihak harga-harga kebutuhan pokok tersebut. “Kita bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk memantau agar tidak ada masyarakat yang melakukan penimbunan atau pedagang yang menaikan harga,” katanya.

Menurutnya pihak pengusaha sudah diberikan peringatan bahwa siapapun yang melakukan pelanggaran, baik penimbunan maupun menaikkan harga sembako maka akan mendapatkan sanksi tegas.

Bupati Paniai, Meki Nawipa

Mantan Pilot

Kemahiran Meki Nawipai dalam menerbangkan pesawat menjelajahi medan-medan sulit di wilayah Papua didapatkan dari pengalamannya menjadi pilot di beberapa maskapai penerbangan nasional.

Meki Nawipai mengenyam pendidikan penerbang di Deraya Flying School sebelum kemudian menapaki karirnya sebagai pilot di maskapai nasional. Antara lain di MAF Sentani, Susi Air, Alfa Air, dan Tariku Aviation.

Kemampuan menerbangkan pesawat ini diakui cukup banyak membantu tugasnya sebagai Bupati Paniai, antara lain memudahkannya mengunjungi lokasi-lokasi desa terpencil yang hanya bisa dijangkau dengan pesawat.