Marinir Kembali Menjadi Sahabat Mahasiswa

0
469
Dialog persuasif yang dilakukan oleh Marinir kepada mahasiswa.

Jakarta (Samudranesia) – Korps Marinir TNI AL kembali menjadi kawan mahasiswa. Setelah melegenda sejak peristiwa Reformasi 98, Korps Baret Ungu ini kembali mengamankan demo mahasiswa secara persuasif di sekitar Gedung MPR/DPR, Jakarta, kemarin malam.  

Setelah berdialog dengan Prajurit Marinir TNI AL yang dipimpin Mayor Marinir Daniel Tarigan sebagai Komandan SSY-1, Mayor Marinir Ahmad Yani Komandan SSY-2 Marinir, SSY Yonkav-7 Serbu, Dandim Jakarta Barat dan Dandim Jakarta Pusat, massa dan mahasiswa yang bertahan di flyover Slipi, telah turun dari flyover Slipi arah grogol, Rabu (25/9/2019).

Mereka mengikuti seluruh arahan yang disampaikan oleh anggota Marinir dengan tertib. Akhirnya kondisi di Slipi menjadi aman dan terkendali. Dialog dilakukan persuasif dengan mediasi dan memberikan pandangan dan himbauan tentang faktor keamanan Bersama.

Selanjutnya perlahan massa turun dari flyover Slipi sekitar pukul 00.35 WIB. Kendaraan sudah bisa melintas dari Palmerah menuju Tanah Abang. Begitu pula kendaraan dari Palmerah menuju Grogol.

Aksi ini sontak mengingatkan kita dengan peristiwa Mei 1998. Kala itu, korps kesayangan Bung Karno ini yang dikomandani oleh Mayjen TNI Mar Suharto melakukan tindakan persuasif yang sangat bersahabat dengan mahasiswa. (Tyo)