“Lionfish”, Cantik tapi Mematikan

0
44
Dok. busy.org

Jakarta (Samudranesia) – Melihat ikan lepu itu memang menyenangkan dan gak bikin bosan. Masuk akal, karena ikan yang juga disebut ikan lapu-lapu atau ikan lapu ayam (Pterois volitans) ini punya tampilan yang unik sekaligus cantik. Uniknya ikan ini memiliki kepala berduri yang besar, lalu duri berbisa yang berada pada punggung dan siripnya, serta kantung bisa. Bentuk siripnya berduri menyerupai kipas.

Ukuran tubuh ikan yang juga sering disebut lionfish ini antara 10 hingga 40 cm. Kemudian dibalut warna-warna yang menarik, yakni bergaris merah, marun, cokelat, orange, hitam dan putih. Tak pelak, ikan ini tak hanya terlihat unik, tapi juga menawan. Meski begitu, ikan ini diklaim sangat berbahaya. Pasalnya, dia memiliki bisa yang mematikan.

Tapi untungnya, ikan lepu cenderung tidak agresif. Sehingga diperkirakan aman bagi manusia, utamanya para diver, selama ikan ini tidak terusik. Dalam situasi terancam, ia akan menegakkan sirip dorsal atau malah bersembunyi dan diam. Selain itu, karena tampilannya yang unik tapi cantik, ikan lepu cukup banyak disukai orang. Karenanya, logis jika kemudian banyak diburu untuk dipelihara. Satu lagi, kelebihan lain ikan ini adalah rasanya yang lezat sehingga pas banget buat santapan. Itulah sebabnya di sejumlah negara lionfish kerap dijadikan santapan.

Ikan yang banyak ditemukan di perairan tropis, seperti Samudera Hindia dan Pasifik ini memiliki sederet nama lain yang cukup banyak. Nama-nama itu adalah Turkey fish, Dragon fish, Scorpion fish, Lionfish scorpion, Omate butterfly-cod, Firefish, Red lionfish, Voliton lion, dan Zebrafish. Ikan yang hidup pada kedalaman 20 – 50 m ini bisa bertahan hidup hingga 15-16 tahun. Dan, pakannya adalah jenis crustacea, cephalopoda, serta ikan-ikan kecil yang hidup di karang.

Lantas, bagaimana ikan lepu menyergap mangsanya? Ikan yang hidup nokturnal ini biasanya menyamar dengan lingkungan sekitar, dan ketika mangsanya mendekat, langsung disergap. Mulut ikan ini punya kecepatan menghisap calon mangsa yang luar biasa,15 ms (milisekon). Terakhir, ada keunikan lain ikan ini yang perlu diingat. Yakni, bisa mengeluarkan suara, berasal dari gosokan dan gerakan rangka tubuh. Tujuannya untuk berkomunikasi, baik terhadap komunitas maupun pasangannya. Serta, untuk mencegah penyusup yang akan mengganggu telurnya.