Lima Pulau Eksotis dengan Sensasi Berbeda di Kepulauan Seribu

0
42
Eksotisnya Pulau Kotok Dok.Travelista.id

Jakarta (Samudranesia) – Menikmati nuansa alam di Pulau Onrust memang mengasyikkan. Panoramanya memukau, perpaduan antara alamnya yang natural dengan bertenggernya sejumlah bangunan tua bernilai sejarah. Karenanya, pulau ini tak sekadar menjadi sebuah destinasi wisata semata, tapi juga menyuguhkan kisah sejarah masa lalu. Logis, jika Onrust kemudian mencuat namanya.

Pulau Onrust tentu bukan satu-satunya di gugusan Kepulauan Seribu yang punya nama beken. Masih ada sederet nama pulau eksotis yang boleh dibilang setara dengan pulau ini, sebut saja Pulau Pramuka, Bidadari, Ayer, Tidung, Untung Jawa dan lain-lain. Masing-masing tentu punya kekhasan serta daya tarik tersendiri.  

Tapi, tahukah Anda di Kepulauan Seribu sebenarnya masih menyimpan banyak pulau yang tak kalah eksotisnya. Dari 300 lebih pulau yang tersebar dalam gugusannya, lima di antaranya yang eksotis dengan sensasi yang berbeda:

  1. Pulau Kotok

Buat yang hobi diving maupun snorkeling, Pulau Kotok sangat pas disebut salah satu surganya. Pulau ini memiliki perairan masih terjaga. Karena nyaris tak pernah direcoki pelbagai wahana permainan air, seperti banana boat. Air lautnya selain bersih, juga bening. Sekaligus membuat terumbu karang serta koral di Pulau Kotok tak pernah terusik. Tak aneh, jika semua biota laut, termasuk ikan-ikan di dalamnya bisa hidup alami. Alhasil, panorama bawah laut Pulau Kotok pun menjadi begitu menakjubkan.

Bukan tak mungkin, jika para divers bisa berlama-lama menghabiskan waktu untuk menikmati keindahan alam bawah laut Pulau Kotok. Keindahannya benar-benar sulit dilupakan. Tak kalah eksotisnya, panorama alam di daratan pulau itu. Sejauh mata memandang, hanya tumbuhan yang didominasi vegetasi asli yang nampak. Asri dan sangat alami. Karena, semua tumbuh secara natural, dan jauh dari tangan usil manusia.

  • Pulau Pantara

Diving atau snorkeling juga pastinya menyenangkan di Pulau Pantara. Pulau ini juga memiliki alam bawah laut selevel dengan sejumlah dive spot terkenal, seperti Bali dan Lombok. Mata Anda akan benar-benar dimanjakan oleh panorama bawah laut yang sangat fantastis. Aneka terumbu karang yang berwarna-warni tumbuh begitu natural. Apalagi, ikan-ikan dengan bentuk dan warna yang juga indah hilir-mudik di seputarnya, kian membuat keindahannya begitu sempurna.   

Tak hanya diving, Pulau Pantara pun menawarkan begitu banyak aktivitas wisata lain. Berenang atau snorkeling jelas bisa. Atau, mau main jet sky, banana boat, wind surfing dan lainnya, memang pulau ini tempatnya. Jadi, apapun aktivitas, termasuk sekadar bersantai di pantai, Pulau Pantara selalu terbuka. Bersantai di sini pun mengasyikkan. Mata Anda akan dimanjakan oleh cantiknya pemandangan pantai Pulau Pantara. Air lautnya berwarna hijau kebiruan, sangat jernih. Pulau yang juga disebut “Pulau Seribu Marine” ini memang letaknya paling jauh ketimbang pulau-pulau lain. Tapi, jangan khawatir, Pulau Pantara akan tetap memberi kesan yang sulit dilupakan, sejak dari perjalanan, ketika perahu membelah laut hingga mencapai daratan pulau itu. Dan, fasilitasnya lengkap, ada 40 cottage, restoran, lapangan tenis, karaoke serta beragam water sport.

  • Pulau Harapan

Terumbu karang di Pulau Harapan juga tak kalah indahnya dengan pulau-pulau lain. Tak hanya bisa dinikmati saat menjelajah kedalamannya, tapi juga di permukaan. Jelas sekali terlihat, karena air laut di perairan ini sangat jernih. Tak pelak, keindahan terumbu karang yang terjaga, serta cantiknya warna-warni ikan itu bisa dinikmati dari jarak dekat. Jadi, buat wisatawan yang hobi snorkeling dan diving, Pulau Harapan adalah destinasi yang sangat ideal.

Pulau Harapan bukan cuma menawarkan wisata alam, tapi juga wisata edukasi. Untuk diketahui, pulau ini merupakan rumah bagi sekelompok hewan langka, yakni elang bondol. Di objek inilah bisa diketahui secara lebih mendalam habitat dan kehidupan burung tersebut.

  • Pulau Macan

Pulau Macan salah satu pulau yang menerapkan konsep Eco resort village. Berada di pulau ini terasa sekali seperti di alam bebas dan tak ubahnya berada di lingkungan konservasi alam yang nyaman dan unik. Pulau ini sejatinya terbagi dua, Pulau Macan Besar dan satunya lagi Macan Kecil. Letak keduanya tentu saja berdekatan. Karena itu, bisa dicapai dengan hanya berjalan kaki, khususnya ketika air laut sedang surut.

Pulau Macan tak hanya menyuguhkan pesona alam menawan. Dilatarbelakangi pesonanya yang keren, terdapat sejumlah kegiatan wisata air yang bisa dilakukan. Mulai dari kano, snorkeling, surfing hingga diving. Mau menginap? Tentu saja, sangat mungkin. Karena di Pulau Macan tersedia berbagai tipe cottage bernuansa alam.

  • Pulau Bira

Menikmati keindahan alam Pulau Bira juga mengasyikkan. Pemandangan alam yang tumbuh natural dan sangat memesona. Sambil bersantai di atas dermaga misalnya, ada banyak pesona yang bisa dinikmati. Selain panorama di sekelilingnya, juga ada suguhan lain yang menawan. Wisatawan bisa melihat langsung cantiknya terumbu karang, serta ikan-ikan yang lalu-lalang di laut dangkal. Pasalnya, air laut di perairan Pulau Bira sangat jernih dan bersih. Sehingga semua biota laut dapat terlihat jelas hingga jauh di kedalaman.

Pulau Bira juga menjanjikan nuansa syahdu yang luar biasa. Khususnya di sore hari, momen indah menjelang matahari terbenam. Memori yang rasanya sangat sulit dilupakan. Apalagi, angin sepoi-sepoi khas pantai seperti tak henti-hentinya mengelus kulit. Dan, bagi yang ingin berlama-lama atau menginap, Pulau Bira tentu saja menyediakan rumah dan cottage. (Guss)