Labuan Cermin, Tak Hanya Cantik Tapi Miliki Dua Rasa

0
67
Suasana di Labuan cermin (dok. batas negeri)

Menyaksikan keindahan dasar danau dengan amat jeIas pastinya sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, tanpa harus menyelam semua kecantikan panorama alam di lokasi itu bisa dinikmati langsung. Cukup dari atas permukaan air danau itu setiap detail eksotisme kehidupan di dasar begitu jelas nampak. Sebuah pemandangan yang benar-benar unik sekaligus langka, yang pastinya hanya bisa dinikmati di Danau Labuan Cermin yang ada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Tak bisa dipungkiri air Danau Labuan Cermin itu memang sangat bening. Tapi, bukan karena beningnya air danau ini disebut cermin. Rasa airnya yang ada dua, tawar dan asin. Air yang rasnya asin itu berada di permukaan. Sebaliknya, air  tawar mendominasi pada bagian dalam atau dasar danau. Sebuah fenomena alam unik yang tak mudah ditemukan di danau-danau pada umumnya. Keunikan itu juga bisa terlihat pada biota air di dalamnya. Perbedaan rasa itu secara alami membuat ikan-ikan dengan habitat air tawar menjadi terpisah dengan ikan air asin. Ikan air tawar berada pada lingkungan air tawar. Sebaliknya, ikan air asin hidup pada lapisan air asin. Unik kan?

Instagram.com/nisahoo

Dan, dari dua rasa itu pula kemudian terbentuk secara alami sebuah lapisan yang fenomenal. Lapisan yang memiliki kemampuan memantulkan sinar matahari. Lapisan air yang begitu bening  dan tak ubahnya bagai sebuah cermin. Tak heran, karena keunikan itu Danau Labuan Cermin mendapat julukan Danau Dua Rasa.

Sebagai sebuah destinasi wisata, Danau Labuan Cermin tentu sangat ideal. Tak hanya mampu menyajikan keteduhan dan kedamaian, danau ini juga menjanjikan keindahan. Pasalnya, danau yang punya kedalaman 4 hingga 5 m ini dipagari pemandangan alam yang luar biasa indah. Hutan rimbun dengan pepohonan hijau yang asri dan sangat natural, karena memang alamnya terjaga.

Bukan cuma itu, Danau Labuan Cermin juga menawarkan pelbagai aktivitas wisata yang pasti sangat mengesankan. Selain sekadar bersantai di tepian danau sembari menikmati cantiknya pemandangan, tentu bisa pula berenang. Atau, yang lebih ektrem lagi, snorkeling serta diving. Dengan diving misalnya, panorama di dasar danau tentu bisa dilihat langsung. Yang pasti, wisata di Danau Labuan Cermin akan membuat siapa pun merasakan kepuasan yang tiada tara.

Nggak percaya? Coba saja kunjungi Danau Labuan Cermin. Letaknya di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kalimantan Timur. Bisa ditempuh lewat perjalanan darat sekitar 6 – 7 jam dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb. Perjalanannya memang cukup jauh. Tapi jangan khawatir, panorama alam yang eksotis selama dalam perjalanan dijamin akan mampu membuat rasa lelah itu hilang seketika.

Perjalanan bisa dilanjut lewat laut. Tentu, menggunakan kapal sewa dengan harga yang cukup ekonomis. Apalagi bila disewa secara rombongan, harganya tentu akan jauh lebih hemat. Lalu, bagaimana tentang fasilitas? Untuk yang ingin melakukan aktivitas wisata, seperti snorkeling, telah tersedia tempat-tempat penyewaan peralatan. Selain itu, tempat-tempat penginapan pun juga tersedia buat mereka yang ingin berlama-lama menikmati eksotisme Danau Labuan Cermin.