Kurang Afdol, Wisata di Sulbar, tanpa Cicipi Tiga Kuliner ini

0
71
Bau peapi dan jepa, kuliner khas Suku Mandar Dok. idntimes.com

Polewali (Samudranesia) – Belum lengkap rasanya wisata ke suatu tempat, kalau belum mencicipi makanan khasnya. Kalau kata orang, “kurang afdol”. Sayang aja rasanya, waktu jadi terbuang sia-sia. Berwisata jauh-jauh, tapi nggak ada yang bisa dicicipi, apalagi dibawa pulang.

Padahal sejatinya setiap daerah, apalagi yang memiliki objek wisata biasanya punya kuliner khas. Sulawesi Barat contohnya, tak sedikit objek wisata yang dimilikinya. Ada Gonda Mangrove Parks, Pantai Lombang-Lombang, Pulau Karampuang, Pantai Manakarra, Air Terjun Kalando, dan sebagainya. Lantas, makanan khasnya?

Pastinya, banyak. Karena, pada umumnya setiap daerah di provinsi ini punya koleksi kuliner masing-masing. Selain beragam, sensasi rasanya pun oke, menggoda selera dan tentu memanjakan lidah. Mau tahu? Ini tiga jenis kuliner khasnya.

1. Bau peapi

Kuliner jenis ini boleh dibilang makanan khas Suku Mandar. Bahan utama bau peapi adalah ikan, khususnya ikan tuna, tongkol atau cakalang. Masakan ini punya cita rasa yang khas, selain asam sensasi rasa gurihnya benar-benar bikin “nagih”. Pasalnya, diracik dengan menggunakan bawang khas Mandar, kunyit, minyak kelapa, plus asam mangga. Khas banget kan? Nah, penyajiannya kerap dibarengi jepa, juga makanan khas Suku Mandar yang terbuat dari singkong. Bau peapi merupakan makanan utama di Kabupaten Mamuju, Majene dan Polewali Mandar.

2. Bolu paranggi

Suku Mandar juga punya jenis kuliner yang lain, bolu paranggi namanya. Ini termasuk kue jajanan yang sangat banyak dan mudah didapatkan di sana. Biasanya tampil dengan warna cokelat, berukuran sebesar kepalan tangan, dan memiliki tekstur empuk serta rasa yang manis. Bahan utamanya adalah tepung terigu, dicampur gula aren. Buat masyarakat Sulawesi Barat, bolu paranggi sering dijadikan sebagai camilan. Biasanya disajikan di waktu sore hari dengan ditemani secangkir teh atau kopi panas.

3. Kue jepa

Terakhir, kue jepa. Kue ini terbuat dari campuran singkong dan kelapa, bentuknya bundar tipis. Cara memasaknya dengan dipanggang, menggunakan wajan khusus, terbuat dari tanah liat. Dan, biasanya dibakar dengan memakai kayu bakar. Jepa biasanya disantap bersama dengan bau peapi. Tapi, tak jarang pula disantap begitu saja dengan ditambah gula aren pada bagian tengahnya. Jepa boleh dibilang salah satu jenis makanan khas Sulawesi Barat yang paling banyak disukai. (Guss)