Kupat Banyu Pindang, Kelezatan Kuliner Khas Kota Mangga

0
139

Indramayu (Samudranesia) – Mengunjungi Kota Indramayu Jawa Barat, jangan lupa untuk menyicipi menu paling khas di Kota Mangga ini, yaitu Kupat Banyu Pindang. 

Dalam bahasa setempat, ‘Kupat” berarti “ lontong”, sementara “Banyu Pindang” berarti “Kuah pindang”. Ya, menu ini memang menyajikan satu porsi irisan lontong yang disiram dengan kuah pindang ikan tongkol yang rasanya asin dan gurih.

Sensasi menikmati Kupat Banyu Pindang adalah dengan menambahkan irisan cabe rawit pedas. Dengan potongan ikan pindang tongkol yang asin, kombinasi itu menghadirkan rasa kuah yang asem pedas.  

Sebagai kuliner  tradisional sebenarnya pada masa ini cukup sulit menemukan warung-warung di Indramayu yang masih menyediakan menu Kupat Banyu Pindang tersebut. Maklum, bagi warga Indramayu sendiri menu tersebut sebenarnya merupakan menu rumahan yang memang jarang disajikan di warung makan umum. 

Artinya, untuk bisa menikmati Kupat Banyu Pindang, warga Indramayu biasanya cenderung meraciknya sendiri di rumah. Karena bahan-bahan pembuat masakannya cukup sederhana dan mudah didapatkan di pasar tradisional.

Tapi tak perlu khawatir, Anda bisa mengunjungi Wartis atau Warung Petis yang berlokasi di Desa Bungkul, Kecamatan Terusan. Warung yang menyajikan beragam masakan khas Indramayu ini terkenal dengan menu Kupat Banyu Pindang yang menjadi favorit warga.

Wartis menyajikan kuah pindang ikan tongkol untuk menyiram irisan lontong. Harga per porsinya sangat ramah di kantong yaitu hanya Rp10 ribu saja.

Di Wartis, Anda bisa juga menyantap menu pilihan lainnya, seperti rujak petis dan rumbah petis. Rumbah juga merupakan menu tradisional Indramayu. Terdiri dari kombinasi sayuran yang direbus, seperti kangkung, kacang panjang, mentimun, tauge, daun singkong, dan disiram sambel asem. Mirip lotek.

Rumbah lebih lezat disantap  dengan tambahan irisan lontong dan kerupuk. Tapi Anda bisa mengganti lontong dengan nasi jika mau. Ada juga berbagai macam gorengan, seperti giorengan tahu, kue sayur atau bakwan, dan gorengan tempe.

Sementara rujak petis adalah menu rujak yang berisi potongan berbagai macam buah setengah matang dengan siraman sambal rujak yang manis pedas plus tambahin petis udang.  Anda bisa mengatur sendiri tingkat kepedasan rasa sambalnya. (WR)