KKP Perluas Pelaksanaan Safari Gemarikan

0
52
Foto Ilustrasi

Jakarta (Samudranesia) – Kolaborasi dan sinergi menjadi kunci untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Mengusung semangat tersebut, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendukung operasi kemanusiaan TNI Angkatan Laut (AL) bertajuk Surya Bhaskara Jaya (SBJ) 2020.

Melalui Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), KKP menyerahkan bantuan berupa 850 paket Gemarikan yang berisi 4 jenis produk perikanan.

“Rincian bantuan tersebut di antaranya tortila rumput laut, ikan sarden kaleng, Abon Ikan dan Krispy Ikan,” kata Direktur Pemasaran, Ditjen PDSPKP, Machmud saat menyerahkan bantuan ke TNI AL, di Pengurus Pusat Yayasan Hang Tuah, Sunter, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (25/6).

Machmud berharap para pemangku kepentingan dan seluruh Keluarga Besar TNI AL dapat berperan aktif dalam mendukung Program Gemarikan sekaligus menjadi agen perubahan dengan mengajak masyarakat untuk mengonsumsi ikan. Terlebih pemenuhan gizi masyarakat terdampak Covid-19 juga menjadi perhatian dan perlu segera ditangani.

“Oleh karenanya, pelaksanaan Safari Gemarikan terus diperluas dalam rangka meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat terdampak Covid-19,” terang Machmud.

Seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo yang percaya bahwa makan ikan bisa meningkatkan imunitas tubuh untuk mencegah penyakit Covid-19. Sehingga presiden mengimbau jajarannya memberikan bantuan makanan berbahan baku ikan.

Sementara Kepala Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Markas Besar TNI AL, Brigjen TNI (Mar), Widodo Dwi Purwanto mengungkapkan SBJ 2020 akan diisi kegiatan Bakti Sosial berupa penyerahan bantuan paket cuci tangan untuk TK dan SD dibawah Yayasan Hang Tuah.

Selain itu ada juga penyerahan 1.333 paket sembako kepada perwakilan Pegawai Honor Lepas (PHL) Pelayanan Siswa satuan wilayah Jakarta, perwakilan warga Kalibaru dan Marunda Cilincing, dan penyerahan Paket Imunitas untuk 632 guru dan karyawan Yayasan Hang Tuah, serta pemberian paket suplemen dan makanan bayi di komplek TNI Angkatan Laut.

“Bantuan produk-produk olahan berbahan baku ikan beserta materi sosialiasi Gemarikan dari KKP melengkapi bantuan yang akan kami berikan,” ujar Widodo.

Dalam kesempatan tersebut, Widodo memastikan pihaknya juga turut mensosialisasikan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) sebagai upaya untuk meningkatkan kecerdasan dan daya tahan tubuh. “Karena ikan mengandung protein tinggi dan mengandung asam amino essensial yang diperlukan oleh tubuh,” imbuh Widodo.

Sebagai informasi, selama bulan Juni ini KKP melalui Ditjen PDSPKP bekerja sama dengan Komisi IV DPR RI membagikan 40.000 paket Gemarikan. Paket tersebut dibagi di 80 titik yang tersebar di 19 Provinsi dimana masing-masing titik akan mendapatkan 500 paket selama bulan Juni ini .

Program Gemarikan sendiri merupakan salah satu upaya KKP untuk mendukung dan memastikan sektor perikanan tangkap dan budidaya serta pengolahan ikan tetap berdaya saing pada situasi pandemi.