Kenali Lebih Dalam Manfaat Jahe dan Bawang Putih

0
104
Foto Ilustrasi (Dok.Ho;amigo)

Jakarta (Samudranesia) – Penyakit virus corona atau yang dikenal dengan virus Covid-19 ini telah tersebar di Indonesia 6 bulan lamanya, lebih dari 81 ribu orang  di seluruh wilayah Indonesia telah terkontaminasi. Hingga saat ini, vaksin untuk virus ini belum dapat di temukan, akan tetapi, sieiring berjalannya waktu, banyak beredar obat yang dapat mencegah hingga mengobati virus ini.

Seperti kita ketahui, belakangan ini heboh soal kalung anti virus buatan kementerian pertanian (Kementan) yang rencananya akan diproduksi masal. Sebelumnya juga beredar luas obat pencegah virus corona seperti empon-empon, jambu biji, dan jahe serta  bawabg putih.

Nah, untuk menjawab kebenaran akan hal tersebut, mari kita kenali lebih dalam akan kandungan serta manfaat yang terdapat pada jahe dan bawang putih.

Bawang putih yang memiliki nama latin Allium Sativum ini sering dijadikan sebagai bumbu masak untuk menambah cita rasa masakan, khususnya bagi segala macam kuliner di Indonesia. Selain itu, bawang putih juga dipercaya berkhasiat untuk kesehatan.

Bawang putih memiliki kandungan zat/senyawa seperti Beta-karoten, Asam pantotena, Vitamin C, Zat besi, serta zat aktif alliin dan allicin, senyawa tersebut memiliki sifat antibakteri, antioksidan, serta antivirus yang baik untuk kesehatan tubuh bila di konsumsi secara rutin setiap hari.

Manfaat bawang putih bagi kesehatan antara lain baik untuk kesehatan jantung, sumber antioksidan, mempermudah kinerja saluran cerna, mencegah kanker, dan menurunkan tekanan darah.

Selain bermanfaat untuk menghangatkan suhu tubuh, jahe juga sering dijadikan bahan/bumbu masakan sekaligus pengobatan di cina, india dan timur tengah. Di Indonesia sendiri jahe dimanfaatkan untuk bahan pembuatan jamu untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Kandungan jahe umumnya terdiri dari air, serat, karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin. Beberapa jenis mineral yang ada di dalam jahe yaitu kalsium, fosfor, dan besi.(Ars)