Kemlu dan KBRI Tokyo Proaktif Lindungi Kesehatan 78 Kru WNI Kapal Pesiar Jepang dari Corona

1
233
Kapal Pesiar Diamond Princess

Jakarta (Samudranesia) – Mengenai nasib 78 kru Kapal Pesiar Diamond Princess terus menjadi sorotan masyarakat Indonesia, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan KBRI Tokyo mengeluarkan pernyataan resminya.

Pasalnya, beberapa penumpang di Kapal Pesiar Diamond Princess tersiar kabar telah positif terjangkit virus Corona.

“Saat ini seluruhnya (WNI) dalam keadaan sehat. KBRI Tokyo membentuk jejaring whatsapp group dengan para kru WNI dan memberikan bantuan logistik berupa vitamin,” ujar pihak Kemlu berdaarkan keterangannya yang diterima Samudranesia, Rabu (12/2).

Baca Juga:

Sejauh ini, Kemlu bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memanggil dua perusahaan manning agency yang memberangkatkan para kru WNI tersebut. Hal itu guna memastikan pelindungan bagi mereka.

“Juga telah menghubungi keluarga para kru WNI untuk menyampaikan perkembangan terakhir,” tegas pihak Kemlu lagi.

Sesuai informasi Otoritas Jepang, jika tidak ada perkembangan lain, dijadwalkan masa observasi kesehatan terkait kasus virus Corona akan selesai pada tanggal 19 Februari 2020 mendatang.

Sebelumnya, Kemlu menyatakan juga siap memfasilitasi apabila 78 Warga Negara Indonesia (WNI) yang saat ini dikarantina dalam kapal pesiar Diamond Princess ingin pulang ke Tanah Air setelah 14 hari.

Plt Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah memastikan para WNI tersebut dalam kondisi yang sehat dari virus corona. KBRI Tokyo juga terus memantau kondisi 78 WNI tersebut dan berkomunikasi dengan pihak otoritas Jepang.

“Kondisi mereka (saat ini) baik,” ucap Faizasyah.

Kapal pesiar The Diamond Princess tengah mengangkut sekitar 3.700 orang ketika berada di perairan Yokohama, Jepang. Berawal dari satu orang positif Virus Corona, pihak berwenang kemudian memutuskan untuk melakukan proses karantina.

Saat ini, 39 orang baru di kapal pesiar Diamond Princess di lepas pantai Jepang telah dinyatakan positif terkena Virus Corona. Laporan tersebut disampaikan oleh Menteri Kesehatan Jepang Katsunobu Kato hari ini. Angka baru ini menjadikan total kasus positif menjadi 174. (Tyo)

1 COMMENT