Kecil Ukurannya, Tapi Kuaci Gede Loh Manfaatnya

0
180
Kuaci/Net

Jakarta (Samudranesia) – Siapa sangka kalau kuaci itu ternyata punya manfaat luar biasa buat kesehatan. Mungkin karena bentuknya nggak menjanjikan, plus ukurannya imut-imut kuaci jadi dipandang sebelah mata. Di mata sebagian orang bisa jadi tak punya nilai prestius sama sekali. Makanya, jangankan membeli, melihatnya saja bikin  malas.

Tapi, tahukah Anda apa saja sih khasiat kuaci biji bunga matahari bagi kesehatan? Yang pasti lumayan banyak. Ingat loh, kuaci bukan sekadar makanan ringan yang enaknya bikin “nagih” saja, tapi juga bikin sehat. Karena, kandungan nutrisinya yang beragam. Penasaran? Simak ulasan berikut ini.

  • Menyehatkan tulang

Kuaci punya kandungan nutrisi yang terbilang cukup banyak. Contohnya: magnesium, kalsium dan tembaga. Kesemuanya tentu sangat baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, kuaci juga mengandung vitamin E, yg bermanfaat membantu meredakan rasa nyeri rematik.

  • Mencegah kanker

Manfaat kuaci, salah satunya sebagai pengontrol kerusakan sel. Karenanya, ini menjadi penting untuk mencegah kanker. Di dalam kuaci terdapat selenium, yang berfungsi melawan sel kanker. Juga, mampu mendorong perbaikan DNA. Serta, sintesis dalam sel rusak, plus menghambat pertumbuhan dan mematikan sel kanker.

  • Menyehatkan kulit

Bukan rahasia lagi bahwa di dalam kuaci juga terdapat banyak sekali vitamin E. Vitamin yang diketahui bermanfaat bagi kesehatan kulit. Utamanya, menjaga kulit dari paparan sinar ultraviolet yang terdapat dalam cahaya matahari.

  • Obat penenang

Kuaci juga mengandung cukup banyak magnesium. Dari sejumlah penelitian zat ini diklaim bisa membantu mencegah risiko sejumlah penyakit. Contoh, meredakan penyakit asma, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah migrain, serta mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Perlu juga dicatat, kandungan magnesium dalam kuaci berkhasiat pula menjadi semacam ‘obat penenang’. Tak heran, jika penggemar kuaci sangat mungkin jauh dari stres dan migrain.

  • Menyehatkan jantung

Yang tak kalah hebatnya kuaci juga diklaim bermanfaat bagi kesehatan jantung. Untuk diketahui, kuaci mengandung lebih dari 60% vitamin E. Vitamin ini merupakan antioksidan yang bisa menyingkirkan kolesterol jahat yang menempel pada dinding arteri. Karenanya, mampu mencegah risiko kematian dini akibat penyakit jantung. Fungsi lainnya membantu menetralkan radikal bebas untuk menjaga kesehatan otak dan sel membran dalam melawan peradangan dan pembengkakan.

  • Turunkan kolesterol

Perlu diingat, kuaci juga menyimpan senyawa pitosterol, senyawa pada tumbuhan dengan struktur kimia yang mirip kolesterol. Jenis biji-bijian ini ditengarai mampu mengurangi kadar kolesterol. Juga, akan menambah respon imun, serta mampu menurunkan risiko jenis kanker tertentu.

Jadi, jelas bahwa makan kuaci itu menyehatkan bukan sekadar isapan jempol belaka. Penyakit yang bisa diredam pun tak tanggung-tanggung, kelas berat, seperti kanker dan jantung. Di luar itu, masih ada sederet penyakit lain yang bisa diatasi, antara lain: nyeri sendi, infeksi lambung dan asma. Ini karena kuaci bunga matahari sumber antioksidan yang baik untuk jenis peradangan alami tersebut. Kuaci juga mampu memelihara kadar homosisten. Karena kandungan folatnya membantu pertumbuhan sel darah merah untuk metabolisme dan menjaga homosisten dan asam amino dalam tubuh agar tetap berada dalam keadaan normal. (Guss)