“June & Kopi”, Kisah Persahabatan Anjing Jalanan

0
196

Jakarta (Samudranesia) –  Film yang mengangkat tentang dunia hewan, utamanya anjing, buat masyarakat perfilman Tanah Air bisa dibilang “anyar”. Terlebih, film ini digarap dengan background asli Indonesia, lewat besutan tangan dingin Sutradara Noviandra Santosa. Jelas, film “June & Kopi” akan menjadi tontonan yang paling fenomenal di antara film serupa yang terbilang sangat langka.

Terkait alasan pemilihan kedua anjing tersebut sebagai tokoh adalah karena keduanya merupakan anjing jalanan. “Saya memilih untuk bercerita tentang anjing jalanan karena biasanya di film, semua anjingnya pure breed.” jelas Noviandra. Menurutnya, di Indonesia memiliki begitu banyak anjing jalanan dan banyak juga anjing yang ditelantarkan. “Anjing-anjing yang memainkan karakter June dan Kopi pun adalah anjing dari shelter. Ditemukan di jalanan, sudah dibuang pemiliknya,” Noviandra menambahkan.

Menurut Noviandra ide awal pembuatan cerita ini dari pengalamannya ketika masih di universitas, yang sering mengadopsi hewan dari shelter anjing.  Dari situ, ia seolah tersadar bahwa sebenarnya ada masalah terkait over populasi hewan yang tidak memiliki rumah, utamanya di Indonesia. Khusus karakter June sendiri terinspirasi dari salah satu anjing yang ia adopsi, yang hanya memiliki 3 kaki dan sangat takut pada laki-laki. Sedang Kopi terinspirasi dari Cody, anjing pertama yang saya adopsi.”

“Saya ingin membuat film yang menyenangkan untuk ditonton bagi semua orang dan berbeda dari film lainnya,” ujar Noviandra. Buat dia, film “June dan Kopi” bukan hanya sekadar tentang anjing, tapi lebih dalam dari itu. Oleh karena itu, menurutnya “Kami tetap harus menulis cerita yang solid. Tidak bergantung pada fakta bahwa kami akan membuat film pertama tentang anjing di Indonesia.” Lebih lanjut, Noviandra menuturkan, “Kami masih harus menulis cerita yang menarik dan centered with the theme of family yang relatable dengan semua orang.

“Kami, pada dasarnya memperlakukan proyek ini seperti proyek lain dan mencoba menulis cerita yang bagus.” pungkasnya. Film “June dan Kopi” yang diproduksi Aurora Films merupakan film panjang kedua Noviandra Santosa. Sekaligus, film perdana perusahaan yang didirikan pada 2019 ini. Sementara debut penyutradaraan panjang layar lebarnya adalah film “Pintu Merah”. Penasaran, ingin menonton anjing-anjing jalanan yang lucu dan menggemaskan beraksi? Saksikan film “June & Kopi”!