Jelang Lebaran, KKP Selenggarakan Sedekah Ikan

0
101

Foto: Sedekah ikan KKP.

Jakarta (Samudranesia) – Setelah Gerakan Nasi Ikan dan gerakan Sedekah Ikan Ramadhan, Lebaran Ikan menjadi penutup indah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam upaya membangun solidaritas kemanusiaan dan membantu meringankan beban masyarakat di tengah pandemi.

KKP melalui seluruh Satker Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) tidak ketinggalan ikut menyemarakkan gerakan ini serempak dari wilayah Barat hingga Timur Indonesia.

“Setelah sukses dengan Gerakan Nasi Ikan, UPT Ditjen PRL terus bergerak membantu meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini dengan gerakan Sedekah Ikan Ramadhan dan Lebaran Ikan, sungguh perjuangan yang mulia,” ungkap Aryo Hanggono Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (PRL) di Jakarta (22/5).

Di wilayah Barat, Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang menyalurkan Sedekah Ikan Ramadhan untuk menyambut Lebaran Ikan sebanyak 27 paket kebutuhan pokok yang di salurkan kepada masyarakat di Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang melalui pendanaan donasi dari Setditjen PRL, Direktorat Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil dan BPSPL Padang.

“Kami bagikan hari ini supaya besok lebaran masyarakat bisa makan ikan,” ujar Mudatstsir Kepala BPSPL Padang.

Bertetangga dengan Padang, Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru bergerak menyalurkan Sedekah Ikan Ramadhan dan Lebaran Ikan hingga ke pelosok wilayah kawasan konservasi Anambas di Kota Tarempa, kepulauan Riau.

“Ini sebagai penyemarak hidangan lebaran,” ungkap Fajar Kurniawan Kepala LKKPN Pekanbaru.

Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Pontianak bergerak menyalurkan Sedekah Ikan Ramadhan hingga ke Desa Setapuk Besar, Kota Singkawang, diberikan kepada kelompok masyarakat penggerak konservasi (KOMPAK).

“Sedekah Ikan Ramadhan ini sebagai wujud solidaritas supaya besok saat berlebaran menu ikan bisa menjadi hindangan dalam merayakannya,” ujar Getreda M. Hehanussa Kepala BPSPL Pontianak.

Jumadi, Ketua KOMPAK ungkapkan rasa terima kasihnya. “Saya mewakili kelompok mengucapkan terima kasih kepada KKP atas kepeduliannya dalam memberikan bantuan ini. Kami bersyukur karena masih mendapat perhatian dari sekian banyak kelompok masyarakat yang dibina oleh KKP. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Menteri,” tuturnya.

Sementara BPSPL Denpasar bekerjasama dengan Direktorat Jasa Kelautan menyalurkan Lebaran Ikan kepada Pokmaswas Yasa Segara  Bengiat , Jumat 22 Mei 2020. “ Ini merupakan bantuan Tahap I yang disampaikan, di hari H lebaran kami akan bergerak untuk menyampaikan batuan Tahap II,” ujar Permana Yudiarso Kepala BPSPL Denpasar.

Iwan Taruna Alkadrie Kepala Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (LPSPL) Serang menyampaikan selama 20 hari gerakan Nasi Ikan sekitar 1200 paket sudah disalurkan ke masyarakat. “Harapan kami setelah Gerakan Nasi Ikan paket sedekah ikan dan lebaran ikan masyarakat bisa merayakan dengan suka ria,” imbuhnya.

Di wilayah Tengah Indonesia, sebanyak 3360 paket nasi ikan telah disalurkan pegawai Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang selama bulan Ramadhan dengan penuh antusias.

“Untuk paket sedekah ikan ramadhan kami serahkan di 4 Lokasi di Kota Kupang kepada Rumah Quran Janda Muallaf, Mahasiswa Malafa, Rumah Quran, dan Pesantren Yatim Piatu,” imbuh Ikram Sangadji Kepala BKKPN Kupang.

BPSPL Makassar lebih unik lagi, selain paket sedekah ikan Ramadhan dengan produk ikannya, disampaikan juga paket kitab suci Al Quran kepada masyarakat. “Selain paket Lebaran Ikan dengan ikan bandeng tanpa duri segar sebagai produk ikannya, kami juga sampaikan paket Alquran sebagai keran amalan kita semua,” imbuh Andry Sukmoputro Kepala BPSPL Makassar.

Sementara di Timur Indonesia, Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (LPSPL) Sorong tidak kalah sigap dalam menyalurkan gerakan nasi ikan, Sedekah Ikan Ramadhan dan Lebaran Ikan kepada masyarakat sekitar.

“Saya bangga menjadi bagian dari keluarga besar KKP, Tahun ini saya tidak bisa berkumpul dengan keluarga, namun saya menemukan banyak saudara disini, karena kita semua bersaudara,” ungkap Santoso Kepala LPSPL Sorong.

Sungguh ini menjadi sebuah pergerakan yang mulia, ditengah pandemi KKP bisa hadir dalam meringankan beban masyarakat terdampak dengan paket Ramadhan yang lengkap. (Tyo)