Jelajahi “Surganya” Bawah Laut Batu Bolong Reef – Labuan Bajo

0
70
Dive spot Batu Bolong Dok. komododivecenter.com

Labuan Bajo (Samudranesia) – Melihat langsung keindahan “surga kecil” bawah laut jelas menjadi pengalaman yang pastinya terlalu sulit untuk dilupakan. Bagaimana tidak, pemandangan yang jelas-jelas memukau itu nyata dan memang ada di depan mata. Bagai tak ada lagi jarak dengan semua yang menjadi bagian dari cantiknya panorama itu. Tak cuma melihat atau menyentuh, bercanda pun sangat bisa.

Nah, kesan itu yang akan selalu melekat pada diri siapa pun, tak terkecuali Anda tentunya jika Batu Bolong Reef jadi pilihan untuk ber-snorkeling, apalagi diving. Dive spot ini memang eksotis. Tak heran, dive spot terbaik yang ada di kawasan Labuan Bajo ini mendapat banyak pengakuan dari pelbagai kalangan dalam dan luar negeri. Dari masyarakat internasional, tak kurang dari CNN dan Dive Magazine mengakui Batu Bolong Reef sebagai salah satu lokasi snorkeling dan diving terbaik di dunia. Tak berlebihan jika dive spot ini sangat layak disejajarkan dengan Raja Ampat. Bukti lain, tak sedikit para divers mancanegara yang mengunjungi sekaligus menikmati keindahan panorama bawah laut Batu Bolong ini.

Kecantikan panorama bawah laut Batu Bolong Reef memang sulit dicari tandingannya. Bayangkan, selain memiliki “kekuatan” sebagai dive spot eksotis, kawasan ini juga dihuni oleh pelbagai biota laut yang ribuan jumlahnya. Selain terumbu karang dengan ragam yang sangat banyak dan menawan, hewan laut lain juga tak terhitung banyaknya. Seperti ikan misalnya, di kawasan ini didiami oleh ikan napoleon, barakuda, ikan badut dan tentu saja ikan hiu. Bukan cuma itu, hewan laut seperti penyu pun sangat banyak di lokasi ini. Semua hidup alami dan nyaris tak pernah terusik apa pun. Tak berlebihan, jika kawasan Batu Bolong Reef disebut surga kecil para divers di kawasan Labuan Bajo.

Batu Bolong Reef sebenarnya adalah sebuah pulau kecil. Letaknya di sebuah selat antara Pulau Tatawa dan Pulau Komodo. Meski begitu, arus bawah laut di kawasan ini terbilang cukup kuat. Karena itu, untuk diver pemula disarankan agar mendapat pendampingan. Terkait itu, tak perlu khawatir, karena di lokasi ini disediakan cukup banyak diver profesional yang memang bertugas untuk itu. Satu hal yang perlu dicatat, bahwa di seputar Batu Bolong Reef juga masih banyak lagi dive spot yang tak kalah cantiknya untuk dijelajahi. Bukan cuma puluhan, tapi bisa jadi ratusan dive spot lagi. Beberapa di antaranya: Pink Bach, Blue Marlin, Taman Laut Teluk Maumere.(Guss)