Jangan Lupa Nikmati Kuliner Khas Ini Sehabis “Diving” di Teluk Mandeh

0
193
Dendeng Batokok. Foto: Net

Jakarta (Samudranesia) – Nama Teluk Mandeh harus diakui memang cukup kondang. Tak hanya masyarakat Sumatera Barat saja yang mengenalnya, tapi juga dari seantero negeri ini. Gaung popularitasnya bukan semata karena “dive spot”-nya yang fenomenal, melainkan juga karena panoramanya yang memukau.

Bukan rahasia lagi, kalau Teluk Mandeh dikelilingi cukup banyak pulau kecil. Tak pelak, dilihat secara keseluruhan destinasi wisata bahari ini sangat mirip dengan Raja Ampat di Provinsi Papua Barat. Dan, karena kemiripan itu Teluk Mandeh dijuluki Raja Ampat-nya Sumatera Barat.

Satu hal yang juga harus diingat, Teluk Mandeh tak hanya mengesankan dari sisi panorama, tapi juga kulinernya. Seperti diketahui, objek wisata ini merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Barat yang beribu kota di Padang. Dan, tak bisa dipungkiri kota ini sangat identik dengan masakan-masakan Padang.

Hampir semua orang tahu betul masakan Padang. Ragamnya banyak dan sangat khas pula. Rendang atau nasi padang serta banyak lagi yang lainnya, tentu sudah sangat tak asing lagi dan itu sudah dianggap biasa. Tapi, coba deh menu-menu yang “nggak” biasa, sebut saja: dendeng batokok, soto padang dan teh talua. Dijamin makanan ini akan bikin puas.

1. Dendeng Batokok

Terbuat dari daging sapi yang dipotong-potong tipis. Tapi terasa empuk dan lembut, saat dikunyah. Sensasi rasanya pastinya sangat menggoda, pedas plus asam menyegarkan. Karena, dibalur sambal hijau serta “topping” potongan bawang merah yang menyegarkan.

2. Soto Padang

Bukan cuma daerah lain yang punya soto sebagai kuliner khasnya, Teluk Mandeh pun ada soto padangnya. Isinya, daging kering yang renyah, paruh, perkedel dan suun. Rasanya menyegarkan karena kuahnya yang berisi rempah-rempah, plus perasan air jeruk. Lebih asyik, jika ditambah sambal dan kerupuk.

3. Teh Talua

Untuk minumannya, coba deh teh talua. Rasanya mantap banget dan pastinya menyehatkan. Karena bahan minuman khas ini terdiri dari: teh, telur, petasan jeruk nipis dan gula. Aromanya selain wangi, juga tidak bau amis. (Guss)