Kuliner Khas Berau yang Sensasional

0
73
Udang singgang salah satu khas menu Tanjung Redeb Dok. resepkoki.com

Tanjung Redeb (Samudranesia) – Masih ingat Danau Kakaban, danau yang jadi habitat ribuan ubur-ubur kecil nan menawan? Atau juga, Danau Labuan Cermin yang airnya bening luar biasa? Saking beningnya siapa pun bisa bercermin di air itu. Bukan cuma itu, kejernihan airnya juga bisa membuat orang melihat panorama dasar danau tersebut dengan sangat jelas.

Pasti, Anda belum lupa bahwa untuk mengunjungi kedua objek wisata itu Anda mesti melalui kota yang namanya, Tanjung Redeb. Kota yang menjadi Ibukotanya Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Sebagai sebuah ibukota, Tanjung Redeb tentu memiliki banyak keistimewaan, lebih lengkap dalam banyak hal. Tak terkecuali, pastinya masalah kuliner.

Baca Juga : Labuan cermin, Si Cantik yang Menyimpan Dua rasa

Harus diakui, Tanjung Redeb memiliki koleksi kuliner yang komplet. Tak hanya jenis minuman, makanan pun banyak. Beberapa yang menjadi menu khas kota ini adalah: bubur ancur paddas, udang singgang dan pindang mannung. Nah, buat Anda yang ingin berwisata ke kawasan Tanjung Redeb dan sekitar bisa mencicipinya di kota ini. Selain mudah diperoleh, harganya pun terjangkau. Mau tahu sensasi rasa ketiga jenis kuliner tersebut? Berikut paparannya.

  • Bubur ancur paddas

Jenis kuliner ini sangat menyehatkan. Karena, mengandung banyak nutrisi. Asal tahu saja, bahan pembuatan bubur ancur paddas semuanya berasal dari alam. Yakni: beras, daun labu muda, jagung, daun kacang, kacang panjang, kelapa parut goreng dan santan. Bumbunya merupakan kombinasi bawang putih dan merah, ketumbar, jintan putih, lada, serai, kunyit, jahe, kemiri dan lengkuas. Soal rasa, pastinya sangat khas, lezat dan menyegarkan, apalagi disantapnya dalam keadaan hangat.

  • Udang singgang

Di Tanjung Redeb menu yang terbuat dari udang terbilang cukup banyak. Salah satunya, udang singgang. Menu ini jelas mengandung nutrisi menyehatkan karena udangnya. Juga, menjadi hidangan istimewa serta favorit sejak dulu. Pembuatannya simpel, udang direbus dan hanya diberi garam secukupnya. Tapi, untuk memperkaya rasa bisa ditambah lengkuas, serai, cabai, bawang putih-merah, jeruk nipis serta sedikit santan. Tak heran, jika sensasi rasanya luar biasa. Apalagi, diketahui udang yang diambil dari sungai di Tanjung Redeb dan sekitar ternyata punya cita rasa yang lezat.

  • Pindang mannung

Tak kalah simpelnya adalah pembuatan pindang mannung yang juga menjadi kuliner khas Berau. Bahan utama pindang ini sejenis ikan yang disebut ikan menangis. Atau, dalam bahasa masyarakat setempat menangis berarti mannung. Pembuatannya, setelah dibersihkan, ikan dimasak dicampur dengan beberapa jenis bumbu sederhana. Selain diberi garam secukupnya, juga dilengkapi bumbu terasi dan asam. Meski begitu, soal rasa tentu saja sangat lezat dan gurih. (Guss)