Gurihnya Mata Lembu, Kuliner Khas Ujung Genteng

0
96
Kuliner khas Ujung Genteng, mata lembu Dok. tripadvisor.co.id

Sukabumi (Samudranesia) – Mengunjungi sebuah objek wisata, selain untuk happy-happy tak jarang pula dibarengi banyak keinginan lain. Salah satunya, mencicipi kuliner khas yang ada di lokasi itu. Nah, patut disyukuri objek wisata model-model seperti terbilang sangat banyak di negeri ini. Tak hanya sajian panoramanya saja yang cantik dan beragam, tapi lengkap pula dengan kuliner khasnya.

Salah satu objek wisata yang memiliki kuliner khas adalah Ujung Genteng. Sebagai sebuah objek wisata yang komplet Ujung Genteng tentu tidak diragukan lagi. Selain dikelilingi destinasi wisata yang banyak, kawasan wisata ini sangat beragam dan menawan pula. Wisata pantainya cukup banyak, dan wisata air terjunnya pun tak kalah banyak.

Satu hal yang sangat penting, Ujung Genteng juga punya begitu banyak kuliner khas. Ada deretan kuliner khas, tak hanya berupa makanan tapi juga minuman. Dan, semuanya punya sensasi rasa yang benar-benar bikin “nagih”. Gak percaya? Mata Lembu, salah satunya.

Dari namanya jenis menu ini boleh dibilang cukup unik, mata lembu. Tapi, sesungguhnya mata lembu yang dimaksud bukanlah yang berasal dari hewan lembu atau kerbau, melainkan sejenis hewan laut siput atau gastropoda namanya. Secara fisik, jika dicermati memang hewan yang satu ini mirip-mirip mata lembu.

Di kawasan wisata Ujung Genteng jenis siput ini cukup berlimpah dan mudah pula didapat. Hewan satu ini hidup menempel di batu karang. Karena itu, sangat mudah dicari. Cukup dengan tangan kosong, mata lembu bisa ditangkap. Dan, waktu mencarinya yang ideal saat laut sedang surut di malam atau siang hari.

Mata lembu cukup populer di tengah masyarakat Pajampangan, khususnya Kecamatan Ciracap, Sukabumi. Menu ini merupakan salah satu dari sederet kuliner yang paling banyak diburu oleh para wisatawan. Pasalnya, punya sensasi rasa yang sangat menggoda, kenyal-kenyal dan gurih. Bisa disajikan dengan cara digoreng, disate maupun ditumis.

Tapi, sebelum menentukan pilihan sajian, mata lembu harus direbus dahulu sekitar 10 menit. Setelah itu, ditiriskan dan didinginkan. Lantas mata lembu yang masih melekat pada cangkang dikeluarkan dan dicuci bersih. Baru kemudian dipotong-potong dengan ukuran sesuai selera.

Usai itu, siapkan bumbu. Jika tumis menjadi pilihan, maka bumbunya adalah bawang merah, bawang putih, cabai merah, garam secukupnya kemiri. Semua ditumbuk halus. Setelah halus tuang ke dalam wajan yang sudah terisi minyak panas. Baru, masukan mata lembunya. Lima menit kemudian masukkan bumbu penyedap dan gula merah secukupnya. Memasak mata lembu agar menjadi empuk dibutuhkan waktu sekitar 15 menit. Setelah itu kuliner khas mata lembu pun siap disajikan. (Guss)