Gonda Mangrove Park Tawarkan Sensasi Susur Mangrove dan Jelajah Surga Bawah Laut yang Eksotis

0
65
Dok. klikhijau.com

Polewali (Samudranesia) – Menyusur kawasan hutan mangrove di pantai ini memang menyenangkan. Bagaimana tidak, setiap jengkal areanya selalu saja menyuguhkan keindahan yang sangat natural. Selain nampak hijau, kawasan ini juga begitu rimbun. Terlihat jelas betapa vegetasi pantai ini tumbuh asri dan belum terusik oleh tangan manusia.

Keasrian kawasan ini kian menguat berkat beragam biota lautnya yang menjadi penghuni tetap hutan mangrove di dalamnya. Mulai dari kepiting, udang, bahkan hingga burung nampak jelas di sini. Mereka begitu asyik menikmati kebersamaan di bawah hembusan angin laut yang sejuk dan bersahabat. Nuansa itu terasa kian teduh, karena guliran ombaknya yang begitu tenang. Tak mengusik, dan tidak pula menghempaskan suara bising.

Benar-benar nuansa yang cantik alami serta langka yang pastinya sulit ditemui di mana pun, kecuali di Gonda Mangrove Park. Sebuah kawasan wisata eksotis yang berada di Dusun Gonda, Desa Laliko, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Jaraknya hanya sekitar 15 km atau 15 menit waktu tempuh dari Kecamatan Wonomulyo, Pusat Perdagangan Kabupaten Polewali Mandar.

Gonda Mangrove Park yang luasnya lebih kurang 20 ha ini ditumbuhi sedikitnya 17 jenis mangrove. Sementara ikan yang menjadikan kawasan ini sebagai habitatnya tercatat sebanyak 124 jenis. Dan, hanya di kedalaman beberapa meter saja semua ikan tersebut sudah bisa ditemui. Makanya, tak berlebihan jika Gonda Mangrove Park tak hanya menawarkan wisata edukasi hutan mangrove saja, tapi sekaligus keindahan panorama bawah lautnya.

Untuk edukasi wisata, Gonda Mangrove Park menggulirkan program susur dan pengenalan mangrove serta terumbu karang. Khusus, terumbu karang teknisnya tentu saja lewat snorekling. Salah satu kegiatannya, transplantasi terumbu karang. Peralatannya bisa sewa di seputar pantai dengan harga yang terjangkau, tentu plus perahu kecilnya. Kegiatan lain di luar itu, Anda bisa duduk-duduk di atas gazebo mini sambil melihat-lihat pemandangan. Atau, mau selfie, tentu banyak spot keren yang bisa dambil di lokasi ini.

Menjelajah bawah laut di kawasan Gonda Mangrove Parks pastinya tak kalah berkesannya dengan rekreasi di hutan mangrove. Dengan air lautnya yang bening serta membiru, semua kecantikan panorama bawah laut di kawasan ini sangat jelas terlihat. Terumbu karangnya yang sangat beragam jenisnya serta memancarkan warna-warni menarik tumbuh asri dan alami. Tambahan lagi hewan laut, seperti ikan dengan berbagai jenis serta bentuk dan warnanya yang indah selalu menghiasi panorama bawah lautnya. Benar-benar membuat Gonda Mangrove Parks kian eksotis. Penasaran, mau merasakan sensasi keindahannya? Segera kunjungi taman wisata ini, idealnya di bulan November hingga Mei. (Guss)