“Gence Ruan”, Kuliner Khas Maratua yang Paling Dicari

0
317
Dok. jelajahsamboja.com

Maratua (Samudranesia) – Rasanya lezat sekali. Dagingnya terasa empuk, tambahan lagi bumbunya yang sangat khas membuat panganan ini benar-benar sensasional. Aromanya pun sangat menggoda. Bagaimana tidak, semua bahan pembuatan kuliner ini  berasal dari alam Pulau Maratua sendiri. Nah, itulah gence ruan, salah satu jenis kuliner asli dari daratan pulau ini yang cukup kondang.

Gence ruan tak lain merupakan olahan ikan gabus. Oleh masyarakat setempat menu ini disebut juga ikan haruan. Karena rasanya yang sangat menggoda selera, jenis kuliner ini paling banyak dicari. Selain masyarakat setempat, gence ruan juga dicari oleh para pendatang, tak terkecuali para wisatawan. Tak heran, jika kuliner ini pun menjadi sangat populer. Dan, untuk mendapatkannya pun bukan persoalan yang sulit. Pasalnya, jenis makanan ini cukup banyak penjualnya.

Terkait pembuatannya, gence ruan juga terbilang sangat simpel. Bisa jadi, semua orang mampu meraciknya, termasuk tentu saja mereka yang belum berusia dewasa. Bahan utama menu ini tentu saja ikan gabus. Ikan gabus yang sudah dilumuri tumis yang cukup banyak dibakar di atas bara api. Setelah matang, ikan dilumuri sambal goreng yang lezat. Lantas, nikmati gence ruan dengan nasi putih, dijamin akan memberikan sensasi yang luar biasa.

Lalu, ingin juga merasakan jenis kuliner yang lain asli Pulau Maratua? Gampang. Pasalnya, selain gence ruan di pulau ini juga memiliki banyak jenis kuliner lainnya yang tentu saja tak kalah lezatnya. Untuk yang hobi sate, di sini punya kuliner khas sejenis sate, namanya sate payau. Lalu ada pula ayam cincane, nasi bakepor, dan sejenis sambal, sambal raja namanya. Sementara bagi penyuka bubur, di Maratua terdapat bubur asli pulau ini, bubur pedas. Dan, semua itu tentu punya cita rasa yang istimewa yang pastinya akan memanjakan lidah. Tak heran, apapun yang dipilih tetap akan memuaskan selera Anda. (Guss)