Gara-gara Indonesia, Singapura ‘Obral’ Gudang

0
46
Kawasan gudang milik PT Cipta Krida Bahari (dok. CKB)

Jakarta (Samudranesia) – Singapura yang selama ini terkenal sebagai pusat logistic untuk kawasan Asia Tenggara dikabarkan sedang mengobral gudang mereka gara-gara kebijakan logistik Indonesia.

Pemerintah sejak tahun 2016 mengembangkan Pusat Logistik Berikat (PLB). Yaitu kawasan pergudangan yang memungkinkan para pengusaha baik ekspor maupun impor menyimpan barang-barang mereka di dalam negeri sebelum di pasarkan. Sebelumnya banyak pengusaha yang menyimpang barang-barang mereka di gudang-gudang di Singapura.

Menurut Widiyanto, Sekjend Asosiasi PLB Indonesia kepada Kontan, aksi obral atau memberikan tariff diskon penyewaan gudang di Singapura merupakan imbas semakin banyaknya PLB di Indonesia. “Itu karena dia sudah mengeruk laut kan tetapi enggak tahunya enggak ada (banyak lagi pengusaha yang simpan barang di Singapura),” sambungnya. Pengembangan PLB di Indonesia ini sempat menuai protest dari negeri jiran tersebut.

Menurut ketua Asosiasi Logistik Zaldy Masita, kembalinya pengusaha yang memilih gudang-gudang di Indonesia disebabkan karena biaya sewa gudang-gudang di dalam negeri lebih murah. Apalagi katanya banyak barang-barang yang disimpan di gudang Singapura tersebut sebenarnya adalah barang-barang milik pengusaha Indonesia.

Di Indonesia saat ini sudah ada sekitar 150 PLB. PLB  berfungsi sebagai gudang-gudang sementara barang-barang yang akan dikirim baik dalam dan luar negeri.