Dampak Corona, Pemerintah Minta Diskon Harga Tiket Pesawat untuk 3 Destinasi Ini

0
423

Jakarta (Samudranesia) – Virus Corona asal Cina mulai memberikan dampak signifikan pada sektor pariwisata Indonesia. Tiga destinasi wisata Indonesia, seperti Bali, Sulawesi Utara, dan Bintan, yang selalu jadi langganan turis Cina kini mulai sepi.

Untuk itu Kepala Staf Presiden Moeldoko mengatakan telah menyarankan Kementerian Perhubungan agar meminta maskapai penerbangan menurunkan harga tiket pesawat ke tiga lokasi tersebut

“Ini sudah disampaikan oleh Menteri Perhubungan karena tiga daerah wisata itu relatif ada penurunanan wisatawan,” kata dia di kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis (6/2).

Sementara itu menurut Staf Khusus Menteri Perhubungan, Adita Irawati menjelaskan rencana tersebut telah dibicarakan dengan maskapai. “Kami usahakan agar ini tetap menarik dengan berbagai macam paket dari maskapai. Nanti maskapai akan umumkan berapa diskonnya,” kata dia.

Untuk besaran potongan harga yang diberikan, kata Adita, nantinya akan diserahkan sepenuhnya pada maskapai yang melayani rute tersebut.

Sebelumnya Menteri Pariwisata Wishnutama Kusubandio menjelaskan kunjungan wisatawan asal Tiogkok tahun lalu mencapai US$ 2,07 juta.  Total biaya yang dihabiskan mencapai US$ 1.400 untuk setiap kunjungan.

Pemerintah menargetkan 17 juta kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun ini, turun dibandingkan target tahun lalu. Sepanjang tahun 2019, realisasi kunjungan turis asing hanya mencapai 16,1 juta .

Menurut Wishnutama, tak hanya kehilangan wisatawa dari Cina, wabah virus corona juga dapat berdampak penurunan wisatawan dari negara lain yang memilih menunda perjalanan. Dengan demikian, total potensi devisa yang dapat hilang mencapai US$ 4 miliar. 

“Kami juga akan meningkatkan MICE (Meetings, incentives, conferences and exhibitions) di berbagai macam tempat. Tapi apakah bisa cover atau tidak, sulit diperkirakan karena kami tidak tahu kapan wabah virus corona ini akan usai,” jelasnya.