Festival Pahawang 2019 Dimeriahkan Perkemahan Apung Saka Bahari

0
45
Perkemahan Apung di Pahawang.

Lampung (Samudranesia) – Konsisten dengan ciri khas Pramuka Saka Bahari, salah satu Komandan Batalyon di Brigif 4 Mar/BS, Komandan Batalyon Infanteri 9 Marinir/Beruang Hitam, Letkol Marinir Syamsul Bahri, M.Tr.Hanla yang juga menjabat sebagai Ketua Pimpinan Saka (Kapinsaka) Bahari Pesawaran Lampung kembali menggelar Perkemahan Apung.

Saka Bahari Cabang Pesawaran yang berpangkalan di Yonif 9 Marinir/Beruang Hitam Brigif 4 Mar/BS ini, sejak dilantik 3 bulan yang lalu selalu rutin menggelar kegiatan Pramuka Saka Bahari. Kali ini untuk yang kedua kali digelar Perkemahan Apung dalam rangka giat rutin Pramuka Saka Bahari untuk memeriahkan Festival Pahawang.

Festival Pahawang merupakan agenda rutin Pemkab Pesawaran Lampung yang memperkenalkan wisata maritim Pulau Pahawang dengan aneka ragam keindahannya yang disuguhkan untuk wisatawan yang berkunjung ke pulau ini.

Acara ini digelar pada hari Sabtu-Minggu, 30 November-1 Desember 2019 dengan tema Experience Activities and Show, Green Movements terlihat berbeda dari Festival sebelumnya. Hal tersebut karena diikuti oleh Pramuka Saka Bahari pangkalan Yonif 9 Marinir dengan perkemahan apungnya, sehingga melengkapi kemeriahan yang spektakuler dari Festival Pahawang 2019.

Acara ini diselenggarakan selain bertujuan untuk melestarikan kearifan lokal dan mendongkrak pariwisata Kabupaten Pesawaran. Hal itu juga merupakan kegiatan yang setiap tahunnya selalu di galakkan untuk mengajak muda dan mudi generasi milenial untuk selalu berinovasi demi kemajuan SDM yang unggul untuk Indonesia maju.

Festival Pahawang dibuka oleh Wakil Gubernur Lampung didampingi Bupati Pesawaran dan segenap jajaran unsur Forkopimda Kabupaten Pesawaran yang di warnai dengan berbagai pertunjukkan tari – tarian baik tarian pembuka yang merupakan ciri khas Provinsi Lampung dan tarian zapin.

Dengan riak ombak dan terpaan angin laut di hiasi senja sore hari di Dermaga Dusun Jelarangan Desa Pahawang terbentuk satu formasi tenda-tenda yang berdiri kokoh dan eksotis di atas permukaan air yang dihiasi bendera wosem. Setiap tenda juga diberi hiasan warna merah putih yang dipasang berdampingan di tengah tenda.

Hal itu menunjukkan kokoh dan bagusnya para anggota Saka Bahari Kabupaten Pesawaran dalam mendirikan perkemahan apung tersebut.

Hal ini ditegaskan oleh Kapinsaka Bahari Cabang Pesawaran, yang menyebut kegiatan perkemahan apung ini ini bertujuan menggerakkan para kawula-kawula muda dari putra-putri daerah untuk selalu semangat dalam memajukan potensi daerah Lampung lewat kreatifitas dan inovasi kepramukaan Saka Bahari untuk menciptakan SDM generasi milenial yang maju dan unggul guna kemajuan bangsa.

“Dengan tidak melupakan rasa cinta tanah air khusunya kemaritiman karena negara kita adalah negara kepulauan sehingga para pemuda di era milenial dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dan Bela Negara dengan wawasan kebaharian melalui kegiatan yang positif ini,” pungkas salah satu Komandan Batalyon di Brigif 4 Marinir/BS tersebut. (Tyo)