Farhan Temui Kabakamla, Apa saja yang Dibahas?

0
104
Kepala Bakamla Laksdya TNI Aan Kurnia menerima kedatangan Anggota Komisi I DPR Muhammad Farhan di Mabes Bakamla.

Jakarta (Samudranesia) – Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia  (Kabakamla RI) Laksdya TNI Aan Kurnia S.Sos., M.M. menerima Muhammad Farhan Anggota Komisi I DPR bidang pertahanan, luar negeri, komunikasi dan informatika serta intelijen, di Aula Mabes  Bakamla RI, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jl.Proklamasi-56, Menteng, Jakarta Pusat,  Rabu (26/02/2020).

Kunjungan ini dimaksudkan untuk bersilaturahmi sekaligus berkenalan dengan Kepala Bakamla RI yang baru beserta jajarannya. Dalam pertemuan yang hangat tersebut Kabakamla menyampaikan bahwa saat ini Bakamla sedang gerak cepat untuk melaksanakan instruksi Presiden RI mewujudkan Bakamla RI yang menyelenggarakan fungsi Coast Guard sebagai penegak hukum tunggal di laut.

Muhammad Farhan surprise dengan konsep single agency melalui penyederhanaan UU terkait Keamanan Laut berada dalam satu UU dengan tidak menghilangkan tupoksi masing-masing institusi di bidang maritim. Dengan visi yang sama, RUU Kamla ini optimis dapat diselesaikan.

Baca Juga:

Saat ini Komisi I DPR tengah fokus menyusun draft RUU Kamla bersama dengan Kemenko Polhukam dan Kemenko Marves (Maritim dan Investasi). Dalam RUU tersebut penegasan Bakamla sebagai Indonesian Coast Guard akan dicantumkan termasuk susunan organisasi serta tupoksinya.

Turut mendampingi Kepala Bakamla RI, yaitu Deputi Operasi Laut dan Latihan Laksda Bakamla T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S., Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla RI Laksda Bakamla Drs. Hariadi. S.H., Deputi Informasi Hukum dan Kerjasama Bakamla RI Laksda Bakamla Dade Ruskandar, S.H.,M.H., Kasubdit Hukum Internasional dan Per-UU Kolonel Bakamla Hudiansyah Is Nursal, S.H., M.I.L.I.R. (Tyo)