Eksotisme Tiga Wisata Pantai di Ujung Genteng

0
175
Dahsyatnya gelombang di Pantai Ombak Tujuh Dok. jejakpiknik.com

Sukabumi (Samudranesia) – Menapaki hamparan pasir putih yang begitu lembut benar-benar bikin happy. Apalagi, hempasan air laut seolah tak mau berhenti mengusap manja kaki ini. Nuansa itu kian menjadi saat mata mengarah ke tengah laut sana, melihat ombak bergulung saling berkejaran menuju pantai. Suara bising ombak bagai tak mampu lagi mengusik kegembiraan itu. Kegembiraan yang kian membuncah ketika mata menyisir pesisir. Nampak jelas eksotisme panorama alamnya, dengan sederet pepohonan pantai yang menghijau. Serta, gunung dan perbukitan turut memagari di belakangnya.

Nuansa menawan yang bisa jadi sangat langka ditemui, kecuali satu, di Ujung Genteng, Sukabumi, Jawa Barat. Ujung Genteng memang punya objek wisata yang berlebih dan hebatnya lagi, semuanya indah, semuanya sangat sedap untuk dipandang mata. Bukan cuma wisata bahari, atau pantai, objek wisata yang lain pun ada dan banyak, contohnya air terjun atau curug.

Untuk objek wisata pantai, Ujung Genteng boleh dibilang “gudangnya”. Jika ditelusuri, kawasan ini dikelilingi beragam pantai dengan segala kekhasannya. Pastinya punya kelebihan sendiri-sendiri. Mau tahu tiga di antaranya. Ikuti paparan Samudranesia.id berikut ini:

  • Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng memang punya pesona yang bisa meneduhkan hati. Bahkan, saat di perjalanan menuju lokasi pun nuansa itu sudah begitu terasa. Panorama indah bagai menjadi sajian utama, dengan rimbunnya pepohonan nan hijau, plus kelak-kelok jalan pegunungan seolah memanjakan mata. Jangan khawatir, panjangnya perjalanan pasti sirna, terobati oleh keindahan alam yang menawan.

Tak sedikit pesona indah yang bisa dinikmati di Pantai Ujung Genteng. Selain eksotisme pantainya, bisa jadi Anda akan  melihat langsung kawanan penyu yang tengah asyik bertelur. Bahkan, bukan tak mungkin bersama para nelayan, Anda berkesempatan mencari udang lobster.

Mau menghabiskan waktu lebih lama lagi di sana? Gampang. Anda bisa koq menyewa villa yang ada di sekitar kawasan wisata. Pilih saja villa yang sesuai dengan kocek Anda.

  • Pantai Pengumbahan

Panorama di pantai ini tentu tak kalah indahnya. Berhawa sejuk, pasirnya lembut, dan tak ada batu karang. Bahkan, sampah yang biasanya sangat menggangu pandangan juga tak ada. Kelebihan khas yang bisa dinikmati di Pantai Pangumbahan, Anda akan mendapat suguhan yang begitu alami, yakni momen ketika kawanan penyu bertelur secara langsung. Dan, jumlah telurnya pun cukup fantastis, 80-200 butir. Pemandangan yang pasti akan menjadi suguhan setiap saat. Pasalnya, Pantai Pengumbahan memang tak lain adalah sebuah kawasan konservasi dan penangkaran penyu.

Lantas, spesies penyunya? Nyaris lengkap. Enam dari tujuh spesies penyu yang ada di dunia menjadi penghuni kawasan Pantai Pangumbahan. Spesies tersebut adalah penyu hijau, penyu lekang, penyu sisik, penyu pipih, penyu tempayan, penyu belimbing. Kawasan ini terbilang sangat ideal, sebab suasananya sangat tenang, dengan kontur pantainya yang sangat mendukung. Apalagi, di sekitarnya masih banyak ditumbuhi pepohonan rimbun, hawanya sejuk, sehingga pas untuk bertelur penyu. Nah, untuk Anda yang berminat berkunjung, menyaksikan kejadian alam itu, disarankan datang sekitar Agustus – Maret.

Mengamati proses penyu bertelur tentu ada aturan yang harus diikuti. Selain tidak boleh berisik dan sinar, juga harus dari jarak yang sudah ditentukan. Terkait itu pihak pengelola telah menyediakan 6 pos pengamatan. Setiap pos hanya bisa menampung wisatawan dalam jumlah tertentu. Hal yang juga harus dijaga adalah masalah kebersihan. Penyu akan batal bertelur, jika pada saat penggalian ia menemukan sampah. Jadi, satu saja aturan dilanggar, akan sangat mungkin sang penyu batal bertelur.

Berminat mengunjungi dan melihat langsung proses penyu bertelur di Pantai Pangumbahan? Ini dia tipsnya: 1) Bawa jaket karena hawa malam pantai yang sangat dingin, apalagi untuk menunggu penyu bertelur bisa sampai 3 jam. 2) Bawa persediaan makanan jika sewaktu-waktu kelaparan, karena tengah malam tak ada warung yang buka. 3) Butuh penginapan, bisa dijumpai di sekitar pantai. 4) Untuk melihat pelepasan tukik biasanya bisa dilakukan di pagi hari

  • Pantai Ombak Tujuh

Pantai ini sangat unik. Bagaimana tidak, ombak di kawasan ini selain besar, juga selalu datang bergulung-gulung hingga tujuh kali. Satu keunikan yang tentunya sulit ditemukan di mana pun. Tak heran, jika kemudian pantai ini dinamakan Pantai Ombak Tujuh.

Dan, berkat ombaknya tak aneh jika Pantai Ombak Tujuh menjadi sangat terkenal. Popularitasnya tak hanya di mata para penggila olahraga selancar dalam maupun luar negeri, tapi juga para wisatawan lain. Buat penggila selancar, ombak tujuh jelas adalah challenge. Pantai ini letaknya hanya berkisar 15 km dari Pantai Pangumbahan. Dari sana, bisa jalan kaki atau mau lebih cepat lagi naik ojek. (Guss)