Edhy Prabowo dan Budi Karya Setuju Bakamla menjadi Indonesian Coast Guard

0
1065
Menhub Budi Karya Sumadi bersama Kepala Bakamla Laksdya Bakamla Aan Kurnia.

Jakarta (Samudranesia) – Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., melaksanakan pertemuan dengan dua Menteri Kabinet Indonesia Maju yaitu Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo dan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi di Jakarta, Jumat (21/2/20).

Dalam pertemuan tersebut Kepala Bakamla RI melaporkan bahwa pada Senin (17/2), telah dipanggil Presiden RI Joko Widodo yang menginstruksikan segera menyelesaikan masalah Omnibus Law dan masalah penegakan hukum di laut. Menurut Presiden, berdasarkan penjelasan Aan bahwa hanya ada satu leading sector penegakan hukum di laut yakni Bakamla RI sebagai Indonesian Coast Guard.

Baca Juga:

Bakamla diharapkan dapat menjalankan fungsi Coast Guard yaitu penjaga keamanan laut (maritime security), penjaga keselamatan laut (maritime safety) dan pertahanan (maritime defence).

“Apabila negara dalam keadaan perang, Bakamla RI akan hadir sebagai komponen cadangan pertahanan dibawah TNI AL karena apabila sudah perang semua daya dikerahkan,” jelas Laksdya TNI Aan Kurnia.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo dan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi setuju dengan rencana penegakan hukum hanya ada satu pintu yaitu Indonesian Coast Guard yang dalam hal ini adalah Bakamla RI. Sudah menjadi instruksi Presiden RI bahwa upaya itu sepenuhnya harus didukung.

Kepala Bakamla tengah berbincang dengan Menteri KP Edhy Prabowo

Terkait polemik Indonesian Coast Guard sepenuhnya ada di tangan Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) atau Bakamla sekiranya dapat diakhiri pasca pertemuan dengan kedua menteri tesebut.

RUU Kamla yang tengah digodok oleh pemerintah dan DPR akan memuat penegasan bahwa Bakamla sebagai Indonesian Coast Guard penuh dan memiliki kapasitas yang mumpuni.

Turut mendampingi Kepala Bakamla RI, yaitu Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla RI (Jakstra) Laksda Bakamla Drs. Hariadi. S.H., Deputi Informasi Hukum dan Kerjasama Bakamla RI (Inhuker) Laksda Bakamla Dade Ruskandar, S.H.,M.H., Kepala UPH Bakamla RI Laksma Bakamla Parimin Warsito, S.H., dan Direktur Operasi Laut Bakamla RI Laksma Bakamla NS Embun. (Tyo)