Dicari! Lima Orang Netizen untuk Menjelajahi Antartika

0
54
Antartika (Andriens Koopmans/pixabay)

Internasional (Samudranesia)- Kabar gembira buat Anda yang selama ini bermimpi ingin menginjakkan kaki di Antartika! Pada 25 September 2019 lalu Airbnb dan Ocean Conservancy mengumumkan “Antarctic Sabbatical”, sebuah kompetisi istimewa bagi lima orang yang ingin sekali menjelajahi benua terpencil di Bumi dan bergabung dengan Ilmuwan Antarktika Kirstie Jones-Williams dalam misi penelitian ilmiah perdana pada Desember 2019.

“Antarctic Sabbatical” merupakan upaya Airbnb dan Ocean Conservancy untuk meningkatkan kesadaran tentang dampak manusia terhadap iklim di salah satu ekosistem yang paling sedikit dipahami dan paling terpencil di dunia. Dengan memahami dampak polusi plastik yang muncul di mana-mana, ilmuwan warga (citizen scientist) akan menyajikan wawasan mengenai cara komunitas dunia untuk melindungi Antarktika dan bumi.

Dalam misi penjelajahan tersebut, lima ilmuwan volunter ini akan mengumpulkan sampel salju dan mempelajari bagaimana mikroplastik merambah wilayah Antarktika. “Kebanyakan orang menganggap Antarktika sebagai benua perawan dan terpencil, namun sejumlah temuan baru-baru ini menunjukkan, lokasi-lokasi yang paling terpencil sekalipun terimbas polusi plastik,” kata Jones-Williams.

Menurutnya,  ekspedisi ini akan membantu para ilmuwan dalam memahami jalur-jalur yang ditempuh mikroplastik menuju kawasan terpencil seperti Antarktika dan dilakukan di momen genting demi mengangkat tanggung jawab kita untuk melestarikan alam. “Ekspedisi tersebut kelak ditempuh dengan kerja keras dan kecermatan ilmiah yang diperlukan di tengah kondisi musim dingin yang tak kenal ampun. Kami mencari orang-orang yang penuh semangat dan menyadari prinsip kewargaan dunia, merasa gembira untuk menjadi bagian dari tim, serta kembali dan membagikan temuan kami kepada dunia,” jelasnya.

Selama menjalani ekspedisi sebulan penuh, para ilmuwan volunteer akan mengikuti immersion training di Punta Arenas, Chile, tempat mereka mempersiapkan diri dengan kursus-kursus tentang glaciology dan sampel lapangan, serta pekerjaan laboratorium dan praktik penggunaan peralatan.

Setelah itu mereka akan terbang ke Antarktika untuk mengawali misi ilmiahnya, mendarat di landasan yang terbentuk dari es biru alamiah, jauh di pelosok Antarktika sebagai lokasi penelitian. Di lokasi, mereka harus mengumpulkan sampel salju dari pedalaman Antarktika dan mempelajarinya guna mencari microfiber asing yang menentukan bagaimana limbah dan polusi dari kejauhan telah mengelilingi dunia.

Tak melulu melakukan penelitian, para volunteer ini juga akan diajak mengunjungi Kutub Selatan, menjelajahi keindahan situs-situs Antarktika seperti  Drake Icefall, Charles Peak Windscoop, dan Elephant’s Head untuk mempelajari geografi benua tersebut.

Setelah semua misi Antartika selesai, para volunteer akan diajak kembali ke Chile untuk meneruskan kajian atas sejumlah temuannya dan bekerja dengan Ocean Conservancy untuk menjadi duta mereka dalam pelestarian laut. Sebagai duta Ocean Conservancy, mereka akan membagikan wawasan tentang bagaimana komunitas Airbnb dan pihak-pihak lain bisa ikut mengurangi jejak plastik secara kolektif demi mendukung misi Ocean Conservancy.

Untuk mendaftarkan diri dalam program “Antarctic Sabbatical”, Anda dapat mengunjungi airbnb.com/sabbatical dan mengisi formulir pendaftaran, syarat dan ketentuan berlaku.***

Bagaimana Anda tertarik?