Di Takabonerate “Diving”-nya, Di Benteng Manjakan Lidahnya

0
161
Spot snorkling di Takabonerate, Kepulauan Selayar.

Benteng (Samudranesia) – Kepulauan Selayar memang sangat impresif. Makanya, gak rugi deh wisata di sini. Pastinya, happy yang gak habis-habis bakal dirasakan. Logis, karena sebagai sebuah destinasi wisata kepulauan yang terletak di selatan Pulau Sulawesi ini terbilang komplet. Selain menyuguhkan wisata pantai dengan segala aktivitasnya yang menyenangkan, di kawasan ini juga menawarkan aktivitas lain yang tak kalah menggoda, snorkeling dan diving.

Belum lagi wisata dalam rupa yang lain juga cukup banyak di Kepulauan Selayar, khususnya di kawasan Taman Nasional Takabonerate. Asal tahu saja, di sini ada tradisi sorong lopi atau mendorong secara bergotong royong perahu yang baru selesai dibuat ke laut lepas. Lalu, ada pulang berenang bareng bayi ikan hiu, jenis black tip yang sangat seru. Serta, aktivitas wisata island hopping, berkunjung ke pulau-pulau tak berpenduduk yang pastinya sangat mengasyikkan.

Dan, yang tak bisa dikesampingkan tentu saja masalah kuliner. Sebagai wilayah yang memiliki objek wisata beragam, Kepulauan Selayar dengan Ibu kotanya di Kecamatan Benteng pastinya punya koleksi kuliner yang sangat bervariasi. Semua tentu punya cita rasa menggoda serta sangat khas. Mau tahu apa saja jenis kuliner serta sensasi rasanya? Berikut tiga jenis di antaranya:

1. Nasi Santan

Memanjakan lidah di Tanah Selayar pastinya paling pas dengan menikmati nasi santan. Jenis kuliner ini merupakan salah satu menu favorit yang banyak dicari di sini. Rasa makanan ini tentu sangat gurih, mirip-mirip dengan nasi uduk kalau di Pulau Jawa.

Kenikmatan nasi santan terasa kian asyik jika makannya ditemani ikan bakar segar. Serta, ditambah dengan sambal yang terbuat dari belimbing wuluh. Terlebih belimbing wuluhnya masih fresh, sementara ikannya, jenis baronang yang juga masih segar. Tak heran, jika rasa nasi santan akan menjadi begitu sensasional.

2. Sarabba

Untuk jenis minumannya, coba deh sarabba. Ini juga merupakan salah satu minuman khas yang ada di Kepulauan Selayar, khususnya Kota Benteng. Wajar, jika sarabba ini cukup mudah dicari di kota ini, karena memang banyak dijual di setiap sudut kota.

Sarabba, tak hanya enak, tapi juga bisa menghangatkan badan. Pasalnya, salah satu bahan pembuatan minuman ini adalah jahe. Dan, dari sisi rasa sarabba memang sangat mirip dengan minuman wedang jahe kalau di Tanah Jawa. Sarabba akan terasa makin asyik, jika dinikmati bersama pisang goreng hangat di waktu sore.

3. Kue sengkang

Mau camilan yang benar-benar khas Tanah Selayar? Kue sengkang pastinya. Kue ini berisi kacang kenari, berbentuk seperti candi borobudur. Kue yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu ini dulunya menjadi camilan kaum bangsawan dan petinggi kerajaan.

Selain kenari, sengkang juga berbahan dasar tepung beras dan terigu. Dipanggang di atas palako yang terbuat dari tanah liat. Kini kue yang rasanya manis-gurih ini mudah ditemukan di pasar atau pusat oleh-oleh. (Guss)