Di Banyuwangi, Menko Luhut Serukan UMKM sebagai ‘Backbone’ Ekonomi

0
145
Menko Marves Luhut B Pandjaitan di Banyuwangi.

Banyuwangi (Samudranesia) – Saat mengunjungi Banyuwangi, Menko Maritim dan Investasi Luhut B Pandjaitan bertemu dengan para pelaku UMKM di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Banyuwangi, Rabu (29/7).

Dalam pertemuan tersebut, Menko Luhut mendorong para pelaku UMKM untuk bergabung di platform online untuk meningkatkan penjualan mereka. Saat ini UMKM di Indonesia yang telah bergabung dengan platform online sudah mencapai 8 juta sejak dilaunching oleh Presiden pada bulan Mei. Sampai saat ini sudah bertambah sekitar 1,2 juta dan target Pemerintah sampai bulan Desember bertambah sampai 2 juta UMKM.

“Bapak ibu mungkin tidak sadar bahwa backbone ekonomi kita saat ini adalah UMKM karena UMKM itu yang paling sulit bangkrut. Paling penting kita semua harus kompak. Presiden mengingatkan semua APBN dan juga stimulus harus dibelanjakan dalam negeri,” ungkap Menko Luhut.

Pada platform online di Indonesia pun kini juga mendukung para pelaku UMKM dengan memberikan training gratis dan bersertifikat. Menko Luhut mengungkapkan bahwa inilah tanda cinta mereka kepada Indonesia.

Di samping itu, Pemerintah memberikan subsidi juga kepada kredit-kredit yang sudah ada UMKM mendapatkan insentif dari pemerintah, seperti bunga yang diturunkan sampai 0 persen dan pembayaran yang diperpanjang selama Covid-19 sampai tahun 2021.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berterima kasih atas dukungan Pemerintah dan startup Indonesia untuk mendukung UMKM di Banyuwangi di mana saat ini ekonomi Banyuwangi tengah bergerak beriringan dengan penanganan Covid-19.

“Dengan dukungan Pak Luhut hari ini yang memimpin rapat di Banyuwangi bersama Pak Wishnutama, Pak Bahlil, Traveloka, Dana, TVRI dan yang lainnya tentu kami yakin pemulihan ekonomi Banyuwangi bisa cepat untuk segera kembali membuka banyak lapangan kerja bagi warga,” ungkap Bupati Anas. (Rei)