Cupang Serit, Salah Satu yang Tercantik di Dunia Asli Indonesia

0
698
Dok. arenahewan.com

Jakarta (Samudranesia) – Warna ikan yang mungil ini memang keren banget. Ditambah lagi gerakannya yang agresif membuat orang bisa betah berlama-lama melihatnya. Logis, kalau cupang crown tail atau sering dipanggil juga cupang serit masuk dalam deretan cupang tercantik di dunia. Nah, hebatnya cupang jenis ini ternyata asli Indonesia yang proses persilangannya dilakukan di daerah Slipi, Jakarta.

Cupang serit, karena kecantikannya yang menawan, kini sudah masuk ke dalam deretan cupang tercantik di dunia. Cupang ini mampu bersanding dengan sejumlah nama cupang hias tercantik, seperti giant, plakat, double tail dan half moon. Padahal, ketika diperkenalkan pertama kali pada 1998, cupang serit boleh dibilang gak ada yang lirik. Cupang ini baru mencuat pamornya sekitar tahun 2000-an dan mulai banyak diburu orang.

Bikin bangga pastinya, cupang serit asli Indonesia ini menjadi salah satu ikan hias berkelas dunia. Ini sudah diakui oleh International Betta Congress (IBC). Bahwa, cupang jenis ini punya variasi keindahan yang benar-benar jempolan. Amati aja, kalau dibalik menghadap ke atas sirip-sirip pada ekornya mirip banget mahkota. Gak heran, kalau cupang ini dikasih nama crown tail. Terus, mirip juga dengan sisir, plus layar robek. Satu lagi, kelebihannya tulang ekor ikan hias ini panjang dan kuat. Dan, sekarang cupang crown tail punya varian yang lumayan banyak. Bukan cuma jenis sirip tunggal, tapi juga sirip ganda. Buat nambah wawasan, berikut Samudranesia akan ungkap beberapa varian cupang crown tail:

1. Comb tail atau serit tunggal. Cupang jenis ini bisa dibilang merupakan serit tunggal tipe awal. Keberadaannya saat ini terbilang langka. Gak heran, varian ini sulit banget ditemukan. Ciri khas cupang tipe ini hanya berjumlah satu-satu, gak bedanya atau mirip dengan serit double yang tidak pecah .

2. Double Ray Crown Tail atau Serit Dua. Cupang tipe ini terbilang gampang ditemukan. Karena, keberadaannya cukup banyak di tengah masyarakat. Selain buat dipelihara, juga sering buat lomba. Asal tahu aja, double ray adalah cupang serit yang punya susunan tulang primary. Atau, tulang utama keluar dari pangkal ekor dan jadi penopang tulang-tulang berikutnya. Plus, memiliki pecahan ray secondary atau pencabangan kedua yang keluar dari tulang utama pada ekor. Lalu, bentuk double ray-nya, selain mirip dengan hurup V, juga ada yang menyerupai balok.

3. Double Double Ray (DDR) atau Serit Empat dan Double Double Double Ray atau Serit Delapan. Serit Empat punya perangkat tulang primary dan pecahan ray secondary, plus ray tertiary pada ekor. Lalu, Serit Delapan lebih komplet lagi. Terdiri dari:  tulang-tulang primary dan pecahan ray secondary, ray tertiary atau percabangan ketiga yang keluar dari percabangan kedua, juga ray quarternary atau, percabangan keempat yg keluar dari percabangan ketiga.

 4. Serit Balon. Cupang serit tipe ini boleh dibilang agak unik. Serit balon punya yang namanya selaput ekor berlebih, berada pada antarspasi ray. Sehingga, pada saat cupang serit ini berenang bakal kelihatan sekali gelembung yang mirip balon.

 5. Cupang King Crown Tail dan Cross Ray. Cupang tipe ini punya struktur tulang yang gak beda dengan tipe Double Ray atau Serit Dua. Tapi, di ujung-ujung serit melengkung serta menyilang antartulang spasi. Lalu, beda di antara keduanya? Untuk cupang king crown tail,  punya tulang melengkung dan saling menyilang. Dan, cross ray tulangannya tidak melengkung, saling-silang juga antara tulang spasi. Tambahan lagi, cupang cross ray biasanya berbentuk balok yang besar dengan spasi cenderung merapat.

Sekadar tahu saja, nama king crown tail itu sebenarnya terinspirasi dari bentuk mahkota. Tentu mahkota yang modelnya saling-silang antarmahkota. Nah, tertarik buat memelihara? Coba aja, gak rugi deh. Bisa jadi penghias, sekaligus bikin rumah tambah cantik. Terus, kalau dilihat bakal bikin teduh hati, dan kalau pun mau dijual, jelas bisa untung gede.