Cobain Burayot Deh, Enaknya Terasa Banget

0
73
Dok. malicaahmad.com

Garut (Samudranesia) – Namanya unik banget, burayot. Sangat khas, tapi gampang sih nyebutnya, sekaligus gampang juga diingat. Bisa jadi, buat kebanyakan orang nama burayot masih asing. Tapi, kayaknya gak gitu deh buat mereka yang tinggal di Jawa Barat, khususnya di Kota Garut dan sekitarnya.

Buat mereka, burayot sudah menjadi bagian keseharian. Di momen apapun, kue asli Situ Cangkuang ini selalu jadi teman mereka.

Saat nyantai sambil ngopi di sore hari, atau, menjamu tamu pun any time, yang namanya burayot nyaris gak pernah ketinggalan. Terus, seperti apa sih burayot itu? Namanya diambil dari Bahasa Sunda, artinya kue yang bentuknya ngegelantung. Bisa ditemukan di seputaran Kecamatan Leles, utamanya Situ Cangkuang, Kadungora, atau Wanaraja

Soal rasa, burayot mantaplah. Rasanya enak dan khas banget. Asyik saat dikunyah dan bikin nagih. Yang bikin asyik lagi, karena burayot dibuat dari bahan baku yang total berasal dari alam. Yaitu, gula merah, tepung beras, kacang tanah, dan minyak kelapa. Waktunya gak lama kok buat memproses burayot itu sampai siap hidang.

Nah, asyiknya menikmati burayot itu pas lagi hangat-hangatnya. Selain sensasi rasanya tambah oke di mulut, terus burayot hangat itu bikin nafsu makan lebih kenceng. Makanya, gak aneh juga kalau banyak orang berburu kue ini yang masih panas. Meski sebenarnya burayot yang sudah dalam kemasan juga banyak dijual di toko-toko kue. Sayangnya, karena sudah dalam keadaan dingin, jadi gak banyak yang berminat.

Asal tahu aja, burayot banyak lo yang jual. Bukan cuma toko-toko kue, pedagang pinggir jalan pun menyediakan kue ini. Bahkan, tak sedikit juga rumah tangga yang memproduksi kuliner khas dan unik ini. Apalagi menjelang Lebaran, hampir semua lapisan masyarakat seolah berlomba membuat burayot.

Sedikit tambahan, soal bahan baku. Kualitas bahan baku burayot amat berpengaruh pada soal rasa. Makin baik kualitasnya, maka sensasi rasa kue ini makin nendang. Pun sebaliknya begitu. Abal-abal kualitasnya, rasa pun gak bakal karuan. Makanya, jangan pernah sepelekan masalah kualitas bahan. Bagaimana, penasaran? Kunjungi aja Situ Cangkuang dan cicipi juga burayot-nya! Atau, biar tambah puas, nikmati juga kue-kue khas Garut yang lain, endog lewo, kurupuk asoy serta yang paling fenomenal dodol garut.