Ciri Khas Cupang Aduan Jawara

0
425
Dok. infoikan.com

Jakarta (Samudranesia) – Mengamati ikan cupang berenang memang paling asyik. Bukan cuma warna-warni kerennya yang bisa bikin kesengsem, tapi juga gerakan tubuh mungilnya yang lincah banget bikin gemes. Gak heran kalau banyak orang bilang melihat tingkah laku ikan ini bikin betah, kadang bisa berjam-jam lamanya.

Bukan rahasia lagi, warna yang keren, tubuh yang imut serta gerakan yang lincah sudah menjadi karakter dasar ikan cupang. Gak kecuali, apakah cupang hias, aduan atau liar. Dan, kelebihan lain yang cukup mendasar dari jenis ikan ini adalah merawatnya gampang banget. Lebih-lebih ikan cupang aduan perawatannya gak ribet. Yang penting, kasih pakan yang pas, plus ganti airnya secara teratur. Dijamin ikan ini bakal sehat terus.

Baca Juga: Tips Raih Untung Gede dengan Ternak Cupang

Nah, buat yang baru mau memulai memelihara cupang, coba deh cupang aduan. Selain gak ribet merawatnya, jenis ini harga belinya relatif lebih murah. Memang sih dari sisi warna cupang aduan agak sedikit suram, tapi tetap cantik dan lebih ganas. Terkait warna, cupang jenis ini memang gak sekeren cupang hias. Malah terkesan sangar, contohnya hitam. Warna ini memang cukup dominan, sekaligus paling pas untuk dipilih. Memilih warna biru misalnya bisa jadi itu malah cupang hias atau lainnya yang memang mirip. Dan, selain warna, ada bagian penting di tubuh cupang aduan yang harus diteliti dahulu sebelum dipilih.

1.Gerakan agresif

Buat cupang, agresif identik dengan sehat. Makanya, sebelum memilih amati dulu gerak-geriknya saat berhadapan dengan  cupang di aquarium sebelah misalnya. Cupang yang paling agresif, itulah yang sebaiknya dipilih. Karena, cupang yang loyo dan warnanya memudar bisa jadi sedang sakit.

Ada tips yang perlu diingat. Biar gak salah pilih, sebelum mengamati cupang aduan ini, coba deh buka sekat penghalang antarwadah. Tujuannya, biar bisa leluasa memilih cupang yang paling agresif. Setelah ketahuan, baru dipilih.

2.Body

Memilih bentuk badan cupang juga sangat perlu. Buat jenis aduan pastinya ber-body ramping. Sehingga, pergerakannya  lebih gesit saat bertarung. Sekaligus, sangat vital ketika berenang, pastinya akan lebih cepat dan lincah. Ramping dalam konteks ini, bukan kurus, tapi nampak lurus dari kepala sampai ekor, gak melebar ke samping. Dan, jangan lupa juga body harus mulus, gak ada benjolan sedikit pun atau penyakit. Tips untuk memastikannya, coba lihat dari atas dan samping aquarium.

3. Gigi

Bagian penting cupang yang juga perlu diperhatikan adalah gigi. Mengamati gigi cupang bisa jadi memang gak gampang. Ini karena ukuran tubuh cupang yang terbilang cukup imut. Tak heran, jika giginya pun bisa jauh lebih kecil. Asal tahu saja, posisi gigi cupang sebenarnya menonjol keluar. Terlebih, gigi cupang aduan. Selain menonjol, gigi ini juga sangat tajam. Mau tahu persis? Ini tips-nya, coba saja amati dari atas, maka akan terlihat jelas posisi gigi cupang aduan.

4. Sisik

Sisik cupang juga harus diteliti. Asal tahu saja, kondisi sisik bisa menentukan sehat atau tidaknya seekor cupang aduan. Untuk cupang yang sehat biasanya punyak sisik yang tebal. Bisa dilihat dari kerapian atau tidaknya sisik itu, juga kerapatannya bisa dijadikan acuan bahwa sisik tersebut tebal dan kuat. Lantas sisik yang gak sehat? Sering terlihat adanya white spot atau bintik putih. Bintik putih ini disebabkan karena jamur dan kualitas air yang kurang baik. Solusinya, berikan saja obat biru atau methyl blue.

5. Sirip

Seperti sisik, sirip juga menjadi bagian yang gak kalah pentingnya buat dilihat dengan teliti. Buat diketahui, posisi sirip penting banget bagi cupang aduan. Karena bagian inilah paling jadi sasaran serangan lawan. Nah, ciri khas sirip yang bagus atau sehat pastinya tampil sangat rapi, plus ketika mengembang sirip dalam keadaan rapat. Buat diketahui, saat sirip mengembang itulah bisa membuat lawan ciut nyalinya.