Cairan Sunblock Mampu Matikan Karang

0
341

Bahan kimia yang terdapat pada cairan kosmetik sunblock mengancam kehidupan terumbu karang.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal Archives of Environmental Contamination and Toxicology, menyebutkan jika zat kimia Oxybenzone memiliki efek buruk pada karang muda. Antara lain menganggu endokrin, kerusakan DNA, hingga kematian karang. Zat ini juga ditengarai telah menjadi salah satu penyebab bleaching pada karang.

Menurut US National Park Service, sekitar 4000 hingga 6000 ton cairan Sunblock telah mencemari terumbu karang di seluruh dunia per tahun. Seiring dengan semakin tingginya penggunaan cairan tersebut oleh para penyelam.

“Oxybenzone merupakan serangan nyata terhadap kelestarian terumbu karang,”  kata Omri Bronstein, peneliti dari Tel Aviv University, seperti dilansir dari Time.com

Dalam kasus ini, peneliti tidak akan melarang para penyelam atau perenang untuk berhenti menggunakan sunblock karena cairan tersebut juga penting untuk mencegah kanker kulit. Peneliti hanya menganjurkan agar mereka lebih cermat dalam memilih produk sunblock yang ingin digunakan.

Menurut National Park Service, Sunblock dengan kandungan titanium oxide atau zinc tidak memiliki efek buruk pada karang. Menggunaakan pakaian lebih tertutup saat berenang juga dianjurkan untuk meminimalisir penggunaan sunblock.

Sunblock menjadi daftar panjang penyebab kerusakan karang selain, polusi, overfishing, dan perubahan iklim. Padahal karang banyak menyumbang tambahan ekonomi bagi masyarakat lokal yang hidup di pesisir dan mengandalkan hasil laut sebagai mata pencaharian mereka.

National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menyebutkan jika terumbu karang yang baik bisa menyumbang ekonomi hingga $30 miliar per tahun. Karang juga melindungi bumi dari pemanasan global karena mampu berperan sebagai penyerap karbon.

Wiko Rahardjo