Bukan Cuma Enak, Kacang Mede Sangat Berguna untuk Kesehatan

0
84
Dok. fimela.com

Jakarta (Samudranesia) – Untuk menjadi sehat tentu banyak cara yang sejatinya bisa dilakukan. Dari banyak penelitian, salah satu rutinitas yang harus mendapat perhatian serius adalah makanan. Dan, makanan ini pastinya bisa didapat tak hanya lewat olahan, juga berasal dari alam. Contoh untuk jenis yang terakhir adalah buah-buahan dan sayur-sayuran.

Buah-buahan, banyak yang mengakui bahwa jenis makanan ini terbilang cukup aman dan efektif. Karena nyaris tak punya efek samping yang membahayakan. Semua sangat bergantung pilihan, mau mencegah sakit ini, tinggal pilih buah ini, begitu seterusnya. Dan, hebatnya lagi hampir semua jenis buah bisa dibilang punya kandungan nutrisi yang berguna bagi kesehatan. Satu di antaranya dari jenis kacang-kacangan.

Banyak pendapat menyebutkan buah dari jenis kacang-kacangan sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Satu dari sederet jenis itu adalah kacang mede. Mungkin tak banyak juga yang tahu kalau kacang mede sebenarnya punya khasiat sehebat ini. Pasalnya, selama ini bisa jadi orang lebih fokus pada jenis kacang-kacangan yang sudah popular saja, seperti kacang tanah. Padahal, kacang mede pun tak kalah hebatnya bagi kesehatan, seperti dikutip dari Times of India dan dilansir dari Detikhealth.

Dari kesehatan jantung hingga mata

Mungkin bayangan orang makan kacang mede itu lebih banyak bahayanya ketimbang manfaatnya. Dalam benak mereka bisa jadi jenis kacang ini punya kandungan kolesterol tinggi. Padahal, justru kebalikannya. Kacang mede tidak mengandung kolesterol. Jika kacang ini dijadikan camilan di pagi hari khususnya, justru akan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.  

Lalu, untuk kesehatan jantung, kacang mede pun punya peran penting. Karena, kacang ini bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Alhasil, bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, diyakini mampu meningkatkan kadar kolesterol baik sehingga akan  membantu menjaga kesehatan jantung. Sementara vitamin dan mineralnya yang tinggi berguna untuk melawan penyakit jantung.  

Terkait  darah. Kacang mede juga bermanfaat bagi darah jika dijadikan camilan di pagi hari. Buah ini bisa mendorong pembentukan sel darah merah. Pasalnya, di dalamnya mengandung tembaga dan zat besi  yang membantu tubuh membentuk dan memfungsikan sel darah merah.  Sekaligus, membantu pembuluh darah, saraf, tulang dan sistem imun tetap sehat dan berfungsi normal.  Jangan lupa, kacang mede pun erat kaitannya dengan kesehatan mata.  Karena, mengandung lutein dan zeaxanthin yang berguna untuk melindungi mata dari kerusakan serta risiko katarak.

Kacang mede juga ada kaitannya dengan masalah penyakit kronis. Harus diketahui juga, kacang ini mengandung lemak sehat. Unsur  yang membantu dengan cepat mencapai kepuasan sehingga diyakini bisa mengurangi risiko obesitas. Di sisi lain, dengan mengontrol kadar gula bisa dipastikan akan menurunkan risiko diabetes. Nah, mau sehat kan? Coba deh jadikan  kaca mede sebagai camilan di pagi hari. Selain enak, manfaatnya luar biasa. (Guss)