Bercanda Asyik dengan Ubur-ubur Cantik di Danau Kakaban

0
112
Danau kakaban/Hafidz Adyaz via wwf.or.id

Kakaban (Samudranesia)-Mungkin sebagian orang menganggap ubur-ubur hewan laut yang menjijikan. Parahnya lagi, hewan ini juga bisa menyebabkan orang gatal-gatal saat bersentuhan. Logis, jika tak sedikit yang merasa enggan mendekat, apalagi memegangnya.

Coba tantangan bersentuhan dengan ubur-ubur  di Danau Kakaban

Pulau yang terletak di Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, persisnya di Kampung Payung-payung. Ubur-ubur di danau ini sangat unik. Selain berukuran mini, juga tidak gatal jika disentuh. Kerennya lagi, tidak seperti kebanyakan jenis ubur-ubur yang berwarna putih, hewan endemi Danau Kakaban ini punya warna yang cantik dan beragam. Tak cuma jingga, ada pula yang berwarna kemerah-merahan hingga ungu.

Keunikan lain, tak seperti ubur-ubur pada umumnya yang hidup di air asin, ubur-ubur Danau Kakaban berada di lingkungan air payau. Air yang sebenarnya merupakan resapan air laut, plus air hujan. Konon, keberadaan mereka di situ sudah ribuan tahun lamanya. Dan, jumlahnya tentu saja bukan lagi ratusan, tapi ribuan.

Ubur-ubur Pulau atau Danau Kakaban terbagi atas dua jenis: Golden jellyfish dan Moon jellyfish. Selain tidak membuat orang ill feel, ubur-ubur ini tentunya sangat jinak. Karenanya pas banget, sembari berenang, bisa mengajaknya “bercanda”. Tapi, dengan satu syarat, jangan mengangkat ubur-ubur tersebut. Pasalnya, akan membahayakan hewan itu, bisa kehilangan keseimbangan.

Makanya, berenang di Danau Kakaban paling mengasyikkan. Selain ditemani ubur-ubur “imut” yang cantik, panorama alam sekitarnya pun sangat eksotik. Menenangkan. Tapi, harus diingat, ada persyaratan kalau ingin berenang, di antaranya: jangan menggunakan alat bantu “kaki katak”. Karena, bisa membahayakan hewan tersebut. Lalu, tidak boleh lompat, terjun ke air karena ini juga bisa membunuh kawanan ubur-ubur. Satu lagi, dilarang memakai sunblock, sebab dikhawatirkan zat kimianya akan merusak lingkungan, sekaligus ubur-ubur.

Bisa dipastikan, wisata di Pulau atau Danau Kakaban akan menghadirkan kepuasan yang luar biasa. Alam pulau seluas 774,2 km ini dengan keasriannya yang sangat terjaga jelas menjadi magnet tersendiri. Keindahannya yang tak perlu diragukan lagi merupakan perpaduan hutan mangrove di sekeliling pantainya dan hutan dengan pohon-pohon besar khas Kalimantan. Keren kan? Pokoknya, Pulau Kakaban akan membuat siapapun lupa pulang. Karena hasrat Anda akan dimanja, sambil berenang di danau yang punya kedalaman hingga 11 m itu bisa bercanda dengan ubur-ubur berwarna indah.

Bagaimana jika Pulau Kakaban dijadikan prioritas untuk wisata keluarga Anda berikutnya? Tak sulit lho mencapainya. Lewat Bandara Kalimaru, Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, dilanjut naik speedboat sekitar 3 jam. Atau, mau lewat darat ke Tanjung Batu, bisa ditempuh selama 2 jam. Lalu, dilanjut menggunakan speedboat 1 – 2 jam waktu tempuhnya. Sampai di Kakaban, pengunjung masih harus berjalan menanjak sekitar 500 m dengan kemiringan 45 derajat. Tapi, jangan khawatir rasa capai selama menelusuri jalan itu dijamin hilang dalam sekejap, tertutup keceriaan yang tiada tara. Pasalnya, selama perjalanan suguhan indahnya panorama alam sekitar selalu menjadi teman Anda.