Mengunjungi Desa Terbersih di Dunia

1
135
Dok. hipwee.com

Bangli (Samudranesia) – Menyusuri jalan di desa ini memang asyik banget. Selain tertata rapi, jalannya yang terbuat dari batu alam benar-benar resik, bersih. Gak aneh, kalau nuansanya bikin teduh dan sejuk di mata. Apalagi, didukung udaranya yang sejuk, benar-benar bikin betah. Plus, dipagari panorama alam yang eksotis membuat desa ini bukan cuma enak dijelajahi, tapi juga pas banget buat cari ketenangan.

Pokoknya, gak salah deh kalau mau berlama-lama di sini, di Desa Penglipuran. Desa yang terletak di Bangli, Bali yang dinobatkan sebagai salah satu desa terbersih di seantero jagat raya ini. Julukan yang memang pantas banget disandang Desa Penglipuran. Bagaimana tidak, sejauh kaki melangkah gak secuil pun sampah nampak berserakan. Sudah bersih desanya, pemandangan alamnya keren. Gak aneh sih, karena secara geografis, Desa Penglipuran cukup dekat jaraknya dengan Kintamani. Salah satu destinasi wisata andalan di Bali yang pamornya mendunia.

Rasanya memang layak banget jika Desa Penglipuran dijadikan pilihan utama tujuan wisata. Pasalnya, semua yang diperlukan dari sebuah objek wisata tersedia di desa ini. Desa Penglipuran juga menyandang status desa adat. So, bukan cuma faktor kebersihannya saja yang sangat terjaga, tapi juga perilaku warganya yang sangat mengesankan. Ramah dan santun banget. Bukan cuma itu. Dari sisi penataan bangunan, termasuk arsitektur rumah yang gak lebih dari 200 itu tertata apik banget, amat kental dengan tradisi dan budaya setempat.

Pastinya, berada di Desa Penglipuran itu asyik dan nyaman banget. Selain warganya ramah dan udaranya sejuk, desa ini bebas polusi. Pasalnya, memang ada larangan kendaraan bermotor masuk desa. Lalu, sawah-sawah serta rimbunnya pepohonan ada di mana-mana, nyaris mendominasi lingkungannya. Setidaknya  terdapat 75 hektare hutan bambu dan 10 hektare vegetasi yang terawat amat baik. Logis dong, kalau banyak pengunjung yang betah berlama-lama di desa ini. Dan satu hal, meski Desa Penglipuran selalu dibanjiri wisatawan dalam dan luar negeri, tapi tetap gak merubah keadaan. Desa yang dihuni sekitar 1.000 jiwa ini mampu menyuguhkan gaya khasnya, tradisional serta lingkungan yang lestari.

Selain Desa Penglipuran, masih ada dua desa lain yang juga dinobatkan sebagai desa terbersih di muka bumi ini. Yakni, Desa Giethoorn, di Overijssel, Belanda dan Desa Mawlynnong, India.

Desa Giethoorn boleh dibilang cukup unik. Pasalnya, sarana perhubungan antarwarganya yang cuma berjumlah sekitar 2.620 itu bukan dengan kendaran bermotor, melainkan perahu. Perahu tipe whisper boat yang pastinya bebas polusi. Bisa begitu, karena Desa Giethoorn hanya memiliki sarana berupa kanal sepanjang kurang-lebih 4 km. Tak heran, jika desa ini dijuluki Venessianya Belanda. Satu lagi, selain kanal, Desa Giethoorn menyediakan jalan bagi pejalan kaki. Masuk akal, kalau desa ini menjadi desa terbersih, karena nihil polusi. Lebih-lebih, nyaris di setiap jengkal tanahnya ditanami pepohonan yang tertata apik. So, selain bersih, Desa Giethoorn juga indah.

Lalu, Desa Mawlynnong India. Desa yang letaknya di Perbukitan Khasi Timur ini asri banget. Banyak ditumbuhi pepohonan hijau serta pelbagai jenis bunga. Meski begitu, kebersihan lingkungan desa yang cuma dihuni sekitar 500 jiwa ini tetap terjaga, bebas sampah. Sampah dikekola sedemikian rupa oleh warga untuk dijadikan pupuk. Sementara, tiap rumah diwajibkan menyediakan tempat pembuangan sampah yang seragam, terbuat dari bambu. Pendek kata, kebersihan Desa Mawlynnong tetap terjaga dengan melibatkan seluruh warga. Selain aturan itu, warga juga dilarang keras merokok.